alexametrics

7 Kamp Konsentrasi Paling Kejam di Dunia, di Mana Saja?

loading...
7 Kamp Konsentrasi Paling Kejam di Dunia, di Mana Saja?
Cerita tentang kamp konsentrasi meninggalkan noda hitam dalam sejarah manusia. Orang masih berpikir bagaimana mungkin manusia mampu berbuat sekejam itu kepada manusia lainnya. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
CERITA tentang kamp konsentrasi meninggalkan noda hitam dalam sejarah manusia. Orang masih berpikir bagaimana mungkin manusia mampu berbuat sekejam itu kepada manusia lainnya. Berikut adalah kamp-kamp konsentrasi terkejam yang terekam dalam sejarah.

1. Gulag
7 Kamp Konsentrasi Paling Kejam di Dunia, di Mana Saja?


Gulag adalah sebuah singkatan dari Glavnoe Upravlenie Lagerei, atau Administrasi Kamp Utama. Kata Gulag tidak hanya diartikan sebagai administrasi kamp-kamp konsentrasi. Gulag juga merupakan sistem kerja paksa era Uni Soviet, dalam segala bentuk dan variasinya mulai dari kamp kerja paksa, kamp hukuman, kamp kriminal dan politik, kamp kaum perempuan, kamp anak-anak, dan kamp transit.



2. Auschwitz
7 Kamp Konsentrasi Paling Kejam di Dunia, di Mana Saja?
Auschwitz adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi tiga kamp konsentrasi Jerman Nazi utama dan 40-50 sub-kamp. Nama ini diambil dari versi Jerman sebuah nama kota di Polandia, Oswiecim.
Dimulai pada 1940, Nazi Jerman membuat beberapa kamp konsentrasi dan kamp pemusnahan di wilayah Auschwitz, yang pada masa itu telah dikuasai oleh Nazi Jerman. Kamp-kamp ini merupakan bagian utama dari Holocaust.

3. Dachau
7 Kamp Konsentrasi Paling Kejam di Dunia, di Mana Saja?


Kamp konsentasi Dachau merupakan kamp konsentrasi Nazi di Dachau, berada di utara München, Bayern, Jerman bagian selatan. Kamp konsentrasi Dachau dibuka pada 21 Maret 1933, bersamaan dengan naiknya Adolf Hitler ke puncak kekuasaan. Bersama dengan kamp konsentrasi Auschwitz, kamp Dachau berperan sebagai prototipe bagi kamp konsentrasi Nazi lain.

4. Penjara Abu Ghraib
7 Kamp Konsentrasi Paling Kejam di Dunia, di Mana Saja?
Penjara Abu Ghraib terletak di Abu Ghraib, sebuah kota di Irak, 32 km di sebelah barat Baghdad. Penjara ini dikenal sebagai tempat pemerintah Saddam Hussein menyiksa dan menghukum mati para pembangkang, dan belakangan terungkap penjara ini menjadi tempat skandal penyiksaan terhadap para tahanan.
5. Kamp tahanan Guantanamo
7 Kamp Konsentrasi Paling Kejam di Dunia, di Mana Saja?
Kamp Tahanan Teluk Guantanamo atau Penjara Guantanamo adalah kompleks penjara militer di bawah Joint Task Force Guantanamo (JTF-GTMO) dan menempati sebagian dari pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Teluk Guantanamo, Kuba sejak 2002. Penjara ini menahan tokoh yang oleh pemerintah Amerika Serikat dianggap sebagai anggota dari Al-Qaeda dan Taliban
6. Bergen-Belsen
7 Kamp Konsentrasi Paling Kejam di Dunia, di Mana Saja?


Bergen-Belsen adalah salah satu kamp konsentrasi Perang Dunia II, tempat sekitar 70.000 orang tewas dibunuh. Ia merupakan kamp konsentrasi terbesar di Jerman berlokasi di negara bagian Nedersaksen, sekitar lima puluh kilometer sebelah utara Hannover dan sebelah barat-daya kota Bergen.Kamp tersebut didirikan pada 1940 untuk menampung tawanan perang. Per 1941, sekitar 20.000 serdadu Rusia mengalami penyiksaan dan menemui ajal di sana.

7. Manzanar
7 Kamp Konsentrasi Paling Kejam di Dunia, di Mana Saja?


Manzanar adalah salah satu dari sepuluh lokasi kamp tempat ditahannya lebih dari 110.000 orang Jepang-Amerika selama Perang Dunia II. Kamp ini berada di Lembah Owens di Sierra Nevada, California, antara Lone Pine di selatan dan Independence di utara, sekitar 370 km timur laut Los Angeles, Amerika Serikat. Manzanar (dalam bahasa Spanyol berarti "kebun apel") diakui Dinas Taman Nasional Amerika Serikat sebagai bekas situs kamp yang paling terpelihara dengan baik, dan menetapkannya sebagai Situs Historis Nasional Manzanar. (Wahyono)
Apa itu kamp konsentrasi?
7 Kamp Konsentrasi Paling Kejam di Dunia, di Mana Saja?


- Kamp konsentrasi adalah tempat mengumpulkan dan menahan lawan politik, tahanan atau tawanan.
- Biasanya kamp konsentrasi didirikan pada saat perang atau masa bergejolak di suatu negara.
- Dalam catatan sejarah, sejumlah pemerintahan mencoba "mengumpulkan" orang-orang menentang penguasa dalam suatu kamp.
- Ketika satu negara menjajah atau menduduki negara lain, orang-orang biasa dari negara yang ditaklukkan akan digiring masuk ke dalam kamp konsentrasi.
- Dengan cara ini, mereka lebih mudah diawasi dan akan lebih sedikit kemungkinan mereka melakukan keonaran.

Genosida sejarah modern dengan korban tewas terbanyak
1. Genosida Armenia (1915)

Korban tewas lebih dari 1 juta orang

2. Holocaust Nazi Jerman (1939-1945)

Korban tewas 6 juta3. Khmer Merah Kamboja (1975)
Jumlah korban tewas 1,7-2 juta

4. Genosida Rwanda (1994)

Jumlah korban tewas 800.000

5. Konflik Bosnia (1991)
Jumlah korban tewas 100.000

6. Perang Saudara Sudan (2003)
Jumlah korban tewas 300.000

7. Rohingya di Myanmar (2018)
Jumlah korban tewas 6.700
(poe)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak