10 Negara dengan Anggaran dan Teknologi Militer Terbaik pada 2024

Minggu, 02 Juni 2024 - 17:40 WIB
loading...
10 Negara dengan Anggaran dan Teknologi Militer Terbaik pada 2024
Amerika Serikat menjadi negara dengan anggaran dan teknologi militer terbaik. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Sepuluh negara kuat teratas memiliki kemampuan militer yang cukup mengesankan, sehingga membedakan mereka satu sama lain. Negara-negara ini mempunyai warisan militer yang kuat dan terus meningkatkan kekuatan militer mereka, memposisikan diri mereka sebagai pesaing kuat untuk mendapatkan gelar tentara paling kuat di dunia.

Peringkat Kekuatan Militer Global Firepower 2024 mengevaluasi 145 negara, dengan mempertimbangkan lebih dari 60 faktor seperti jumlah pasukan, peralatan militer, stabilitas keuangan, lokasi geografis, dan sumber daya yang tersedia. Elemen-elemen ini berkontribusi terhadap skor PowerIndex, dengan skor yang lebih rendah menunjukkan kemampuan militer yang lebih kuat.

10 Negara dengan Anggaran dan Teknologi Militer Terbaik pada 2024

1. Amerika Serikat

10 Negara dengan Anggaran dan Teknologi Militer Terbaik pada 2024

Foto/Reuters

Ibu kota : Washington, D.C.

Anggaran militer: USD831 miliar

Melansir Forbes, Amerika Serikat menduduki peringkat pertama di antara 10 negara dengan militer terbaik di dunia. Posisi dominan ini disebabkan oleh keunggulan negara ini dalam kategori material, keuangan, dan sumber daya yang penting. Amerika Serikat juga memimpin secara global dalam kemajuan teknologi, unggul dalam sektor medis, ruang angkasa, dan komputer/telekomunikasi. Negara ini memiliki 13.300 pesawat, 983 di antaranya adalah helikopter serang.

Ekspor utama meliputi komputer, mesin listrik, kendaraan, bahan kimia, makanan, hewan hidup, dan peralatan militer. Negara ini sering mengambil peran kepemimpinan dalam badan-badan internasional dan berperan penting dalam pembentukan badan-badan seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, NATO (Organisasi Perjanjian Atlantik Utara), dan Bank Dunia.

2. Rusia

10 Negara dengan Anggaran dan Teknologi Militer Terbaik pada 2024

Foto/AP

Ibu kota : Moskow

Anggaran militer: USD109,0 miliar

Dengan sejarah yang membentang selama satu milenium, Rusia terbentuk setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, dengan memiliki hampir 900.000 kekuatan militer aktif. Rusia memiliki teknologi maju, kekuatan militer yang signifikan dan terlatih, serta pengaruh global yang strategis.

Namun, Perang Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung telah menyoroti kekurangan dalam hal kepemimpinan, kesiapan, dan manajemen rantai pasokan di militer Rusia. Namun demikian, Rusia terus mempertahankan posisi kedua di antara 10 tentara teratas di dunia.

3. China

10 Negara dengan Anggaran dan Teknologi Militer Terbaik pada 2024

Foto/Reuters

Ibu kota: Beijing

Anggaran militer: $227 miliar

China, rumah bagi salah satu peradaban paling kuno di dunia, telah berada di bawah kekuasaan komunis sejak negara tersebut didirikan sebagai Republik Rakyat China pada tahun 1949. China merupakan negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia, setelah Amerika Serikat.

Berperingkat ketiga di antara kekuatan militer paling kuat di dunia, China menikmati keuntungan ekonomi yang signifikan dengan sumber daya manusia yang signifikan.

China telah menyalurkan upaya besar untuk memperkuat kemampuan angkatan laut, kekuatan udara, dan perang daratnya, terutama melalui sumber-sumber dalam negeri. China memiliki 3.166 pesawat dan 4.950 tank di antara sumber dayanya yang besar.

4. India

10 Negara dengan Anggaran dan Teknologi Militer Terbaik pada 2024

Foto/AP

Ibu kota: New Delhi

Anggaran militer: USD74,0 miliar

Di Asia Selatan, India menempati semenanjung antara Teluk Benggala dan Laut Arab. Sepanjang sejarah, India menghadapi serangan dari berbagai penjajah, termasuk Turki, Arab, Persia, dan Inggris. Negara ini menjadi republik pada tahun 1950 setelah memperoleh kemerdekaan dari pemerintahan Inggris pada tahun 1947.

Populasi India yang besar, meningkatnya fokus pada digitalisasi dan modernisasi, serta kompleks industri militer dalam negeri yang efisien menjadikannya salah satu dari 5 angkatan bersenjata terkuat di dunia. India memiliki total 2.210 pesawat, 4.614 tank, dan 295 aset angkatan laut.

5. Korea Selatan

10 Negara dengan Anggaran dan Teknologi Militer Terbaik pada 2024

Foto/Reuters

Ibu kota: Seoul

Anggaran militer: $44,7 miliar

Korea Selatan, secara resmi Republik Korea, adalah sebuah negara Asia Timur di wilayah selatan semenanjung Korea. Ibu kotanya, Seoul, memiliki posisi strategis di jantung semenanjung selama dinasti Joseon karena feng shuinya yang menguntungkan, menekankan keharmonisan dan kesejahteraan melalui penempatan objek.

Korea Selatan memiliki kekuatan armada pesawat, kendaraan tempur lapis baja, dan aset helikopter. Dengan lebih dari 133.000 kendaraan dan 739 helikopter, termasuk 112 armada helikopter serang yang tangguh, kehebatan militer Korea Selatan merupakan bukti komitmen berkelanjutannya terhadap keamanan, yang dipicu oleh ketegangan selama puluhan tahun dengan Korea Utara.


6. Inggris

Ibu kota: London

Anggaran militer: $62,8 miliar

Britania Raya terletak di bagian barat laut Eropa, meliputi pulau Britania Raya, termasuk Inggris. Ibu kotanya, London, mempunyai status global yang menonjol sebagai pusat keuangan penting, melayani Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. London juga terkenal sebagai salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Inggris termasuk dalam 10 negara dengan kekuatan militer terbaik di dunia berkat tenaga kerja, kekuatan udara, efisiensi logistik, dan sumber daya keuangannya. Armada pesawat tanker udara Inggris yang kuat dan pelabuhan yang tersedia merupakan keuntungan yang signifikan.

7. Jepang

10 Negara dengan Anggaran dan Teknologi Militer Terbaik pada 2024

Foto/Reuters

Ibu kota: Tokyo

Anggaran militer: USD53 miliar

Jepang adalah salah satu negara yang paling melek huruf dan berteknologi maju, suatu prestasi yang mengesankan meskipun sebagian besar wilayahnya didominasi oleh pegunungan dan hutan lebat. Warganya menganut gaya hidup perkotaan yang dipengaruhi oleh budaya tetangga, menyelaraskan tradisi kuno dengan unsur Barat dan menampilkan perpaduan budaya yang unik.

Jepang unggul dalam hal pelabuhan-pelabuhan utama di antara 10 negara kuat teratas, yang menunjukkan keunggulan maritim strategisnya. Dengan empat kapal pengangkut helikopter, Jepang menempati posisi kedua dalam kategori ini, tepat di belakang Amerika Serikat.

Armada ini dilengkapi dengan teknologi canggih untuk peran khusus di medan perang. Jepang mempunyai kekuatan militer yang mumpuni dan lengkap dengan 50.000 personel Angkatan Udara, 150.000 personel Angkatan Darat, dan 51.000 personel Angkatan Laut.

8. Turki

Ibu kota: Ankara

Pengeluaran militer: $40,0 miliar

Letak geografis Turki, pintu gerbang antara Eropa dan Asia, menjadikannya salah satu negara kuat yang paling strategis di dunia. Turki telah menjadi anggota NATO sejak tahun 1952, dan dengan kekuatan 3.55.000 personel bersenjata aktif, Turki memiliki militer terbesar kedua di aliansi tersebut.

Meskipun secara historis Amerika Serikat dan negara-negara anggota NATO merupakan eksportir senjata utama ke Turki, negara-negara tersebut mulai memperluas impornya, sehingga menjadikan Rusia sebagai mitra perdagangan senjata yang signifikan. Selain itu, Turki juga banyak berinvestasi pada industri pertahanan dalam negeri dan melaksanakan lebih dari 700 proyek.

9. Pakistan

10 Negara dengan Anggaran dan Teknologi Militer Terbaik pada 2024

Foto/AP

Ibu kota: Islamabad

Anggaran militer: USD6,3 miliar

Republik Islam Pakistan didirikan pada tahun 1947 melalui pemberontakan umat Islam melawan mayoritas Hindu di British India, untuk mengamankan tanah air mereka. Pakistan adalah anggota aktif dari berbagai organisasi internasional, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Perdagangan Dunia, dan Dana Moneter Internasional.

Pakistan memiliki salah satu kekuatan militer paling kuat di dunia dan kekuatan yang mengesankan di berbagai bidang seperti tenaga kerja, kekuatan udara, kekuatan darat, dan kemampuan angkatan laut. Peningkatan penekanan pada pemanfaatan sumber daya alam seperti gas alam dan batu bara serta posisinya yang strategis di sepanjang perbatasan telah semakin meningkatkan posisi Pakistan di panggung dunia.

10. Italia

Ibu kota: Roma

Anggaran militer: USD31,6 miliar

Melansir Forbes, Italia, yang secara resmi dikenal sebagai Republik Italia, adalah sebuah negara di Eropa Selatan dan anggota Uni Eropa. Italia terkenal dengan beragam masakannya, termasuk pasta, pizza, dan anggur, dengan variasi regional. Secara historis, wilayah ini terdiri dari kerajaan-kerajaan kecil dan negara-kota sebelum penyatuan pada tahun 1861.

Italia, yang terakhir dalam daftar 10 negara kuat teratas versi GFP, unggul dalam berbagai bidang seperti armada pesawat tanker udara, kekuatan helikopter secara keseluruhan, kemampuan pesawat serang yang mengesankan, dan kepemilikan beberapa kapal perang kapal induk. Italia memiliki armada 404 helikopter, termasuk 58 helikopter serang.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)
pixels