Israel Ubah Rafah Jadi Lautan Api dengan Bom Canggih AS, Ini Buktinya

Kamis, 30 Mei 2024 - 07:19 WIB
loading...
A A A
Video dan gambar Sadeq telah diverifikasi dan diberi geolokasi oleh The Washington Post.

Dia melakukan perjalanan ke Rafah dari dekat Khan Younis pada Senin pagi untuk mendokumentasikan dampak serangan tersebut. Saat dia berjalan melewati reruntuhan, dia melihat seorang anak laki-laki duduk di tanah sambil mengamati sisa-sisa papan elektronik.

“Dia memberitahu saya bahwa benda itu ada di dalam tendanya,” kata Sadeq. “Saya tahu rudal ini digunakan untuk pengeboman.”

Amerika Serikat memasok Israel dengan 1.000 bom berpemandu presisi pada tahun 2023, menurut database transfer senjata yang dikelola oleh Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm.

Pemerintahan Presiden Joe Biden tidak menghentikan pengiriman amunisi ini selama perang berlangsung.

Bulan lalu, Departemen Luar Negeri AS menyetujui pengiriman lebih dari 1.000 bom berdiameter kecil GBU-39/B beserta kontainer pada hari yang sama ketika pasukan Israel membom konvoi pekerja bantuan World Central Kitchen (WCK) di Gaza, menewaskan tujuh orang.

Serangan pada Minggu malam terjadi di dekat pangkalan logistik Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk pengungsi Palestina, menghancurkan setidaknya empat bangunan timah yang digunakan sebagai tempat berlindung bagi para pengungsi, menurut citra satelit pada Senin yang disediakan oleh Planet Labs.

Lebih dari selusin bangunan mirip tenda juga terlihat di antara bangunan timah dan gudang PBB, yang berjarak sekitar 500 kaki, dalam gambar sebelum dan sesudah serangan.

Selama delapan bulan terakhir, ratusan ribu warga Palestina mencari perlindungan di Rafah ketika serangan Israel menghantam bagian utara Jalur Gaza. Kota ini dipenuhi oleh para pengungsi, yang mendirikan tenda-tenda di jalanan, di lahan kosong dan di bukit pasir dekat laut.

Tidak jelas berapa banyak orang yang masih berada di kamp pada hari Minggu ketika serangan Israel terjadi. Setelah Israel merebut perbatasan Rafah awal bulan ini, hampir 1 juta orang meninggalkan kota tersebut, karena takut akan serangan yang lebih luas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)
pixels