Israel Ubah Rafah Jadi Lautan Api dengan Bom Canggih AS, Ini Buktinya

Kamis, 30 Mei 2024 - 07:19 WIB
loading...
Israel Ubah Rafah Jadi Lautan Api dengan Bom Canggih AS, Ini Buktinya
Serangan udara mengerikan Israel terhadap Rafah menggunakan SDB GBU-39, bom canggih buatan Amerika Serikat (AS). Puluhan warga Palestina tewas dalam serangan yang dikecam dunia internasional ini. Foto/REUTERS
A A A
RAFAH - Serangan udara mengerikan militer Zionis Israel telah mengubah kota Rafah, Jalur Gaza selatan, Palestina, menjadi lautan api.

Empat pakar senjata mengungkap serangan yang menewaskan puluhan warga Palestina itu menggunakan SDB GBU-39, bom canggih buatan Amerika Serikat (AS).

Para pakar tersebut telah meninjau bukti-bukti visual terkait penilaian mereka. Bukti-bukti itu telah diberikan kepada The Washington Post.

Pecahan-pecahan SDB GBU-39, sebuah amunisi presisi berdiameter kecil seberat 250 pon, ditemukan di dekat lokasi serangan di sebuah kamp pengungsi di Rafah. Para saksi menggambarkan suara pesawat di atas dan ledakan berturut-turut “mengguncang seluruh kota".



Israel berdalih serangan tersebut adalah serangan pada Minggu malam hingga Senin dini hari itu itu ditargetkan terhadap dua militan Hamas, yang dilakukan dengan menggunakan amunisi terkecil yang dapat digunakan oleh jet tempur Israel.

"Kebakaran yang terjadi di kamp tersebut tidak terduga dan tidak disengaja," klaim militer Israel, yang menambahkan bahwa pihaknya sedang menyelidiki kemungkinan ledakan susulan yang menyulut kobaran api besar-besaran.

Trevor Ball, mantan teknisi penjinak bom untuk Angkatan Darat AS, mengatakan Israel telah menyatakan pihaknya menggunakan amunisi yang mengandung “17 kilogram bahan peledak", yang beratnya sesuai dengan ukuran hulu ledak yang digunakan pada GBU-39.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada hari Rabu bahwa Amerika Serikat tidak dapat memastikan senjata apa yang digunakan Israel atau bagaimana senjata tersebut digunakan dalam serangan di Rafah.

Berbicara kepada wartawan, Blinken menyebut serangan itu “mengerikan” dan mengatakan siapa pun yang melihat gambarnya telah terkena dampak “pada tingkat kemanusiaan yang mendasar.”

"Amerika Serikat sangat jelas terhadap Israel,” kata Blinken, yang dilansirThe Washington Post, Kamis (30/5/2024).

"Mengenai perlunya segera menyelidiki dan menginterogasi apa yang sebenarnya terjadi," ujarnya.

Ketika ditanya apakah serangan terhadap Rafah akan memengaruhi bantuan militer AS kepada Israel, dia mengatakan Washington akan menunggu hasil penyelidikan Israel.

“Amunisi seperti GBU-39 seringkali dipilih secara khusus untuk meminimalkan kemungkinan bahaya terhadap warga sipil atau objek sipil,” kata NR Jenzen-Jones, direktur Layanan Penelitian Persenjataan.

"Apapun itu, setiap serangan yang ditargetkan—dan terutama setiap serangan yang dilakukan di dekat warga sipil—diperlukan prosedur estimasi kerusakan tambahan yang kuat.”

Lebih dari 36.000 warga Palestina tewas dalam perang Hamas-Israel, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Israel melancarkan kampanye militernya setelah militan Hamas menyerbu komunitas Israel di dekat perbatasan Gaza dan menewaskan sekitar 1.200 orang pada bulan Oktober 2023.

Gambar pecahan amunisi di Rafah, yang diambil oleh jurnalis Palestina Alam Sadeq pada hari Senin, menunjukkan kode sangkar, atau urutan lima karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi penjual yang menjual senjata kepada pemerintah AS.

Penunjukan “81873” menghubungkan pecahan tersebut dengan Woodward HRT, produsen komponen senjata yang terdaftar di Valencia, California.

Video dan gambar Sadeq telah diverifikasi dan diberi geolokasi oleh The Washington Post.

Dia melakukan perjalanan ke Rafah dari dekat Khan Younis pada Senin pagi untuk mendokumentasikan dampak serangan tersebut. Saat dia berjalan melewati reruntuhan, dia melihat seorang anak laki-laki duduk di tanah sambil mengamati sisa-sisa papan elektronik.

“Dia memberitahu saya bahwa benda itu ada di dalam tendanya,” kata Sadeq. “Saya tahu rudal ini digunakan untuk pengeboman.”

Amerika Serikat memasok Israel dengan 1.000 bom berpemandu presisi pada tahun 2023, menurut database transfer senjata yang dikelola oleh Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm.

Pemerintahan Presiden Joe Biden tidak menghentikan pengiriman amunisi ini selama perang berlangsung.

Bulan lalu, Departemen Luar Negeri AS menyetujui pengiriman lebih dari 1.000 bom berdiameter kecil GBU-39/B beserta kontainer pada hari yang sama ketika pasukan Israel membom konvoi pekerja bantuan World Central Kitchen (WCK) di Gaza, menewaskan tujuh orang.

Serangan pada Minggu malam terjadi di dekat pangkalan logistik Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk pengungsi Palestina, menghancurkan setidaknya empat bangunan timah yang digunakan sebagai tempat berlindung bagi para pengungsi, menurut citra satelit pada Senin yang disediakan oleh Planet Labs.

Lebih dari selusin bangunan mirip tenda juga terlihat di antara bangunan timah dan gudang PBB, yang berjarak sekitar 500 kaki, dalam gambar sebelum dan sesudah serangan.

Selama delapan bulan terakhir, ratusan ribu warga Palestina mencari perlindungan di Rafah ketika serangan Israel menghantam bagian utara Jalur Gaza. Kota ini dipenuhi oleh para pengungsi, yang mendirikan tenda-tenda di jalanan, di lahan kosong dan di bukit pasir dekat laut.

Tidak jelas berapa banyak orang yang masih berada di kamp pada hari Minggu ketika serangan Israel terjadi. Setelah Israel merebut perbatasan Rafah awal bulan ini, hampir 1 juta orang meninggalkan kota tersebut, karena takut akan serangan yang lebih luas.

Wes J Bryant, mantan profesional penargetan militer AS, mengatakan: “Bom berdiameter kecil sangat bagus untuk mitigasi kerusakan tambahan jika Anda tidak menjatuhkannya di dekat tenda bersama keluarga.”

Militer Israel telah menekankan bahwa serangan tersebut terjadi di luar “zona kemanusiaan” yang ditetapkan, namun Pasukan Pertahanan Israel (IDF) belum mengeluarkan perintah evakuasi untuk blok khusus di lingkungan Tal al-Sultan sebelum serangan tersebut.

“Ada sebuah perkemahan sipil dan warga sipil di dalamnya harus tetap dilindungi,” kata Bryant, seraya menambahkan bahwa militer AS memerlukan persetujuan komando senior untuk melakukan serangan terhadap kamp tersebut.

“Analisis kerusakan tambahan kami kemungkinan akan menempatkan warga sipil dalam radius dampak serangan, sehingga kemungkinan besar kami tidak akan menyerang di lokasi tersebut,” katanya lagi.

Seorang juru bicara militer Israel yang dihubungi pada Rabu mengatakan dia tidak bisa berkomentar lebih jauh mengenai amunisi yang digunakan atau tindakan apa yang diambil untuk mencegah jatuhnya korban sipil.

John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, mengatakan pada hari Rabu bahwa Amerika Serikat tidak memiliki rincian lebih lanjut mengenai penyebab ledakan dan kebakaran berikutnya di Rafah.

Berbicara kepada wartawan pada konferensi virtual, Kirby mengatakan bahwa jika benar Israel menggunakan senjata berpemandu presisi, “hal ini tentu menunjukkan keinginan untuk lebih berhati-hati dan lebih tepat dalam menargetkan sasarannya.”

Sadeq mengatakan dia melihat pemandangan yang mengerikan setelah serangan tersebut, termasuk mayat hangus, roti berlumuran darah, dan seorang pria yang mencari kepala sepupunya. Dia memegang otak seorang gadis di satu tangan dan tas berisi bagian tubuh di tangan lainnya.

"Bau kematian ada di mana-mana,” katanya.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)
pixels