AS Ingin Lawan Rudal Hipersonik Musuh dengan Sensor Luar Angkasa

Kamis, 20 Agustus 2020 - 01:07 WIB
loading...
A A A
Alih-alih membutuhkan bidang radar yang berbeda atau tersegmentasi, jaringan sensor berbasis ruang angkasa dapat mengidentifikasi dan tetap berada dalam lintasan senjata musuh. Hal ini, menurut pejabat senior Pentagon dan pengembang senjata industri, akan diperlukan untuk menghentikan serangan yang lebih cepat dan lebih mematikan seperti yang diantisipasi oleh serangan senjata hipersonik.

Teknologi rekayasa mampu menetapkan "jalur kontinu" itu persis seperti yang dilakukan beberapa mitra industri Pentagon untuk tampil di depan kurva dalam hal mempertahankan diri dari serangan senjata hipersonik. Misalnya, Booz Allen Hamilton adalah salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi untuk membangun "jalur kontinu" tersebut.

Mantan direktur MDA Letnan Jenderal (Purn) Trey Obering—sekarang seorang eksekutif Booz Allen—menjelaskan bahwa salah satu cara untuk menetapkan "jalur kontinu" adalah dengan merekayasa jumlah baru jaringan, satelit terbang rendah, lebih cepat yang disebut Very Low Earth Orbit (vLEO). (Baca juga: AS dan Jepang Ingin Kerahkan 1.000 Satelit untuk Deteksi Rudal Canggih )

Satelit-satelit ini, berdasarkan jaringan dan operasi dalam jumlah yang jauh lebih besar, dapat memastikan bahwa senjata musuh yang mendekat tidak “hilang” sementara saat mereka bertransisi dari satu area jangkauan ke area lain. Satelit vLEO memiliki ketinggian yang lebih cepat dan lebih rendah daripada sistem satelit saat ini, memungkinkan jangkauan yang lebih dekat serta kemampuan teknis untuk membuat sensor dan jalur penargetan yang lebih tepat.

Selain itu, mereka direkayasa untuk jaringan yang cepat untuk berbagi informasi dengan cepat dan dalam real-time, sesuatu yang dianggap penting mengingat bahwa serangan senjata hipersonik melalui ruang angkasa dapat bergerak dengan kecepatan lima kali lipat kecepatan suara.

Obering kepada The National Interestyang dilansir kemarin mengatakan jalan lain untuk memungkinkan pertahanan benar-benar menjadi senjata adalah dipasang di satelit seperti laser. Laser beroperasi di ruang angkasa dengan risiko atenuasi sinar yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan senjata laser yang ditembakkan di atmosfer bumi.

Pada dasarnya, ruang angkasa sangat cocok untuk senjata laser. Kapal Angkatan Laut sudah menjajaki jenis laser "power scaling" yang diperlukan untuk menggunakan laser untuk berbagai jenis aplikasi pertahanan rudal jarak jauh. Sangat dapat dibayangkan bahwa Pentagon akan segera merekayasa senjata yang dipasang di satelit, bersama dengan, tentu saja, sensor yang lebih canggih.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)