AS Ingin Lawan Rudal Hipersonik Musuh dengan Sensor Luar Angkasa

Kamis, 20 Agustus 2020 - 01:07 WIB
loading...
AS Ingin Lawan Rudal Hipersonik Musuh dengan Sensor Luar Angkasa
Desain konsep misil hipersonik yang dirancang Lockheed Martin Amerika Serikat. Foto/Lockheed Martin
A A A
WASHINGTON - Badan Pertahanan Rudal (MDA) Pentagon sedang mengejar pengembangan sensor berbasis luar angkasa untuk melacak dan menghancurkan serangan rudal hipersonik musuh yang masuk secara cepat ke Amerika Serikat (AS). Cara ini menjadi salah satu opsi Pentagon karena sistem pertahanan rudal Amerika saat ini tidak memungkinkan melawan senjata hipersonik.

MDA Pentagon menyatakan rencana pengembangan sensor itu terinspirasi prospek serangan rudal hipersonik jarak jauh, rudal balistik presisi terpandu baru, dan bahkan rudal balistik antarbenua (ICBM) generasi berikutnya.

Serangan rudal hipersonik musuh yang lebih cepat dan lebih tepat—terutama yang bergerak di luar angkasa—akan membutuhkan generasi baru sensor yang terintegrasi dengan ruang angkasa dan pencegat yang lebih cepat dan lebih presisi. (Baca: Putin: Ungguli AS, Rusia Mampu Tangkal Senjata Hipersonik Musuh )

Direktur MDA Wakil Laksamana Angkatan Laut Jon A. Hill mengatakan dalam beberapa tahun terakhir AS terancam oleh sistem rudal baru dari Rusia, China, Korea Utara dan Iran.

"Sebuah rudal yang diluncurkan dari darat mengarah ke langit. Pada suatu waktu, MDA berfokus pada ancaman rudal balistik. Namun, musuh telah merancang rudal jelajah dan senjata hipersonik yang sangat cepat dan dapat bermanuver yang membuat lingkungan yang sangat sulit untuk pertahanan," kata Hill dalam Simposium Pertahanan Luar Angkasa dan Rudal di Washington.

"Meskipun pertahanan adalah bagian penting dari pencegahan, Anda tidak bisa menembak apa yang tidak Anda lihat," katanya, yang dipublikasikan di situs resmi Departemen Pertahanan Amerika. "Menyediakan penglihatan itu adalah sensor dan radar di atas kapal, di darat dan di luar angkasa."

Menurut Hill, sensor berbasis luar angkasa adalah yang utama, karena mereka dapat memberikan cakupan global. Sistem pelacakan dan pengawasan luar angkasa tak hanya mengumpulkan data, intelijen, dan pengujian rudal dunia nyata, tetapi kemampuan itu jauh dari yang seharusnya.

Hill melanjutkan, sensor yang terintegrasi dengan satelit akan memungkinkan pertahanan AS untuk membantu mengembangkan "jalur kontinu" pada ancaman yang mendekat tanpa perlu lebih mengandalkan bidang pandang radar yang tersegmentasi. Hal ini dapat dimungkinkan oleh dua hal yang jelas, yakni jumlah satelit yang lebih besar dan sensor berbasis luar angkasa itu sendiri.

Ada preseden untuk jenis pekerjaan ini, mengingat program sensor Overhead Persistent Infrared Angkatan Udara AS saat ini yang dirancang sebagai deteksi peluncuran rudal musuh generasi baru dengan resolusi yang lebih tinggi dan jangkauan yang lebih jauh untuk melampaui SIBR (Space-Based Infrared/Inframerah Berbasis Antariksa) saat ini.

Sensor ini dapat mendeteksi tanda panas dari peluncuran rudal musuh dan dengan cepat mengirimkan informasi ke pusat komando dan kendali manusia. Teknologi semacam ini, dapat dengan mudah dikatakan, kemungkinan mulai menciptakan landasan teknis bagi generasi baru sensor satelit yang lebih mampu mengikuti "jalur" pada rudal yang mendekat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)