Putin Inginkan Gencatan Senjata di Ukraina, Benarkah?

Sabtu, 25 Mei 2024 - 19:55 WIB
loading...
A A A
Penunjukan ekonom Andrei Belousov sebagai menteri pertahanan Rusia pekan lalu dipandang oleh beberapa analis militer dan politik Barat sebagai menempatkan perekonomian Rusia pada pijakan perang permanen untuk memenangkan konflik yang berkepanjangan.

Hal ini menyusul tekanan medan perang yang berkelanjutan dan kemajuan teritorial yang dilakukan Rusia dalam beberapa pekan terakhir.

Namun, sumber-sumber tersebut mengatakan bahwa Putin, yang terpilih kembali pada bulan Maret untuk masa jabatan enam tahun yang baru, lebih suka menggunakan momentum Rusia saat ini untuk melupakan perang. Mereka tidak mengomentari secara langsung menteri pertahanan baru tersebut.

Juru bicara Putin Dmitry Peskov, ketika dimintai komentar, mengatakan negaranya tidak menginginkan “perang abadi.”

Berdasarkan pengetahuan mereka tentang percakapan di kalangan petinggi Kremlin, dua sumber mengatakan Putin berpandangan bahwa kemajuan dalam perang sejauh ini sudah cukup untuk menjual kemenangan kepada rakyat Rusia.

Konflik darat terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua telah menelan puluhan ribu nyawa di kedua belah pihak dan menyebabkan sanksi besar-besaran dari Barat terhadap perekonomian Rusia.

Tiga sumber mengatakan Putin paham bahwa kemajuan baru yang dramatis akan memerlukan mobilisasi nasional lagi, dan satu sumber, yang mengenal presiden Rusia, mengatakan popularitasnya merosot setelah mobilisasi pertama pada September 2022.

Panggilan nasional ini membuat sebagian penduduk Rusia ketakutan dan memicu ratusan ribu pria usia wajib militer meninggalkan negara tersebut. Jajak pendapat menunjukkan popularitas Putin turun beberapa poin.

Peskov mengatakan Rusia tidak memerlukan mobilisasi dan malah merekrut kontraktor sukarelawan untuk angkatan bersenjata.

Prospek gencatan senjata, atau bahkan perundingan perdamaian, saat ini tampaknya masih kecil.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)