Toilet Tembus Pandang di Shibuya Kejutkan Para Pengunjung

Rabu, 19 Agustus 2020 - 15:01 WIB
loading...
Toilet Tembus Pandang di Shibuya Kejutkan Para Pengunjung
Toilet tembus pandang menjadi daya tarik baru di Shibuya, Tokyo, Jepang. Foto/The Nippon Foundation
A A A
TOKYO - Salah satu distrik paling populer di Tokyo baru-baru ini menambahkan beberapa atraksi baru yang tidak biasa yakni toilet publik transparan.

Didesain oleh Shigeru Ban Architects, dua set toilet tembus pandang itu dipasang di Shibuya, pusat kota yang terkenal untuk perlintasan pejalan kaki yang sangat sibuk tersebut.

Meski tampilan toilet itu tampak menantang, ternyata itu bagian dari proyek inovatif yang bertujuan mengubah persepsi orang tentang toilet publik.

Shigeru Ban Architects merupakan perusahaan arsitektur pemenang Penghargaan Pritzker yang memasang toilet transparan itu di dua taman Shibuya, yakni Taman Yoyogi Fukamachi Mini dan Taman Haru-no-Ogawa Community.

"Ada dua hal yang kami khawatiran saat masuk toilet publik, terutama yang terletak di taman," papar pernyataan di website resmi proyek tersebut, Tokyotoilet.jp.

"Pertama adalah kebersihannya dan kedua adalah apakah ada orang di dalamnya," ungkap laman resmi itu.

Shigeru Ban Architects mengatasi dua kekhawatiran itu dengan mendesain toilet dengan dinding kaca yang memungkinkan publik melihat dari bagian luar. Namun saat seseorang masuk ke toilet dan menutup pintu, dinding akan berubah menjadi buram untuk memberi privasi. (Baca Juga: Palestina: Liga Arab dan OKI Dibubarkan, Tak Akan Pernah Bertemu)

"Ini memungkinkan pengguna memeriksa kebersihan dan apakah seseorang sedang menggunakan toilet dengan melihat dari luar. Saat malam, fasilitas itu menyinari taman seperti lentera yang cantik," papar laman itu. (Lihat Infografis: Perancang J-20: F-22 Raptor Tak kan Kompeten Melawan China)

Kehadiran toilet canggih ini ternyata menarik banyak pengunjung yang kemudian mengambil foto di dekatnya. Fasilitas itu tampak sangat bersih, dengan campuran warna putih dan chrome yang bersinar. (Lihat Video: Sejumlah Polisi di Pemalang Terjaring Razia Masker)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)