Slovakia dalam Momen Kritis setelah Penembakan Robert Fico

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:40 WIB
loading...
A A A
Sekutu Fico secara terbuka menyebut Presiden Caputova sebagai "pelacur Amerika".

Perdana menteri menyebutnya sebagai agen AS. Presiden kemudian dikirimi ancaman pembunuhan yang serupa dengan pernyataan tersebut.

Segera setelah penembakan di Handlova, sebuah video pendek bocor yang menunjukkan pria bersenjata itu ditahan.

Tidak jelas apakah pria berusia 71 tahun ini berbicara dengan bebas, namun ia mengacu pada tindakan pemerintah yang mensterilkan RTVS, yang menunjukkan bahwa hal tersebut mungkin menjadi salah satu sumber kemarahan. Salah satu motif serangannya.

Pak Fico telah memulai proses untuk menghapuskan lembaga penyiaran publik tersebut, dengan alasan bahwa hal itu "tidak obyektif".

“Media hadir bukan untuk membuat politisi terlihat cantik,” kata Machaj, bos RTVS, menolak kritik tersebut dan menggambarkan peran timnya sebagai “yang mencerminkan kenyataan”.

Namun kini ada yang menyalahkan lembaga penyiaran atas penembakan tersebut.

“Kami mendapat ancaman setiap hari dan itu serius,” kata Machaj. Dia telah disarankan untuk mendapatkan pengawal, katanya.

“Saya pernah mengalami sensor pada masa komunis pada tahun 1970an dan serangan terhadap pers pada tahun 1990an, namun saya menganggap ini adalah era yang paling berbahaya,” katanya.

Di lokasi penyerangan, rekaman polisi telah hilang. Anak-anak setempat bersepeda melintasi alun-alun. Musik menggelegar dari jendela yang terbuka dan kelas aerobik.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0662 seconds (0.1#10.140)