6 Dokumen Rahasia di Dunia, Ada Sudah Terungkap, Ada yang Belum Boleh

Senin, 24 Agustus 2020 - 09:26 WIB
loading...
6 Dokumen Rahasia di Dunia, Ada Sudah Terungkap, Ada yang Belum Boleh
Sejarah menyimpan banyak misteri. Ada yang sudah terungkap, ada yang belum. Ada banyak alasan mengapa dokumen rahasia yang menyimpan misteri itu tidak sembarangan boleh diungkap. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
SEJARAH menyimpan banyak misteri. Ada yang sudah terungkap, ada yang belum. Ada yang boleh diungkap, ada yang harus menunggu hingga waktu tertentu. (Baca juga: Teka-Teki Sejarah yang Belum Terpecahkan hingga Kini)

Ada banyak alasan mengapa dokumen rahasia yang menyimpan misteri itu tidak boleh sebarangan diungkap. Berikut dokumen-dokumen rahasia di dunia tersebut. (Baca juga: 10 Dokumen Paling Rahasia di Dunia, Salah Satunya tentang PKI)

1. Dokumen Rekaman Martin Luther King
6 Dokumen Rahasia di Dunia, Ada Sudah Terungkap, Ada yang Belum Boleh

Tertutup hingga 2027
Martin Luther King, Jr adalah penerima Nobel, pendeta baptis, dan aktivis HAM Afrika-Amerika. Ralph Abernathy adalah kolega dekat King dalam gerakan hak-hak sipil. Dalam otobiografinya berjudul Dan Walls Came Tumbling Down, Ralp menyebutkan King adalah seorang mata keranjang.

Ia juga menulis tentang rekaman Surveillance: “Aku ingat khususnya saat tinggal di Hotel Willard di Washington, di mana mereka tidak hanya menyimpan dalam audio, tetapi juga peralatan video. Kemudian, setelah mengumpulkan cukup dari ‘bukti’ yang akan berguna, mereka mulai mendistribusikan pada wartawan, ahli hukum,” ungkapnya. (Baca juga: 'Dokumen FBI' Sebut Martin Luther King Tertawa Lihat Wanita Diperkosa)

2. Dokumen Tenggelamnya Kapal RMS Lancastria
6 Dokumen Rahasia di Dunia, Ada Sudah Terungkap, Ada yang Belum Boleh

Tertutup hingga 2040

Pada Juni 1940, kapal Lancastria mengevakuasi pasukan Inggris dan pengungsi sipil, termasuk perempuan dan anak-anak dari Prancis. Pada pukul 06.00, Kapten Rudolf Sharp menerima perintah mengevakuasi pasukan dan pengungsi sebanyak mungkin, dan mengabaikan hukum internasional tentang batas penumpang.

Saat makan siang, di atas geladak penuh sesak dengan penumpang antara 6.000 sampai 9.000 pasukan dan pengungsi, tetapi tidak menawarkan kapal pendamping. Pada 03:48, pesawat pembom Jerman menjatuhkan empat bom yang merobek Lancastria.

Dalam waktu 20 menit, kapal pun tenggelam, dengan 4.000 korban. Dokumen laporan resmi insiden mengerikan itu disegel selama 100 tahun di bawah Undang-Undang Rahasia Resmi. (LIhat grafis: Perancang J-20: F-22 Raptor Tak kan Kompeten Melawan China)

3. Dokumen Surat Dr David Kelly
6 Dokumen Rahasia di Dunia, Ada Sudah Terungkap, Ada yang Belum Boleh

Tertutup hingga 2073

Dokumen surat Dr David Kelly menceritakan drama politik Inggris seputar laporan intelijen yang membongkar kejahatan pemerintahan PM Tony Blair dalam kaitan Perang Irak, yang berujung pada kematian Dr Kelly pada usia 59 tahun.

4. Dokumen Rekaman Pembunuhan Kennedy
6 Dokumen Rahasia di Dunia, Ada Sudah Terungkap, Ada yang Belum Boleh

Tertutup hingga 2017

Pembunuhan John F. Kennedy, presiden ke-35 Amerika Serikat, terjadi pada Jumat, 22 November 1963 di Dallas, Texas . Kennedy tewas akibat ditembak saat dirinya berada di mobil bersama istrinya Jacqueline Bouvier Kennedy.

Investigasi 10 bulan oleh Komisi Warren tahun 1963–1964, United States House Select Committee on Assassinations (HSCA) tahun 1976–1979, dan investigasi pemerintahan lainnya menyimpulkan bahwa Kennedy dibunuh oleh Lee Harvey Oswald. (Baca juga: Teka-teki Pembunuhan JFK, Konspirasi Mafia, Kuba, Soviet atau CIA....)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)