7 Kebenaran yang Terungkap dari Kuburan Massal di Gaza

Minggu, 12 Mei 2024 - 23:23 WIB
loading...
7 Kebenaran yang Terungkap...
Banyak kuburan massal ditemukan di Gaza. Foto/AP
A A A
GAZA - Pekerja darurat Palestina terus menemukan kuburan massal di dan sekitar tiga rumah sakit di Jalur Gaza, beberapa bulan setelah pasukan Israel mengepung mereka, mengklaim bahwa kuburan tersebut digunakan sebagai pusat komando Hamas.

Lebih dari 500 jenazah telah ditemukan dan para pejabat Palestina mengatakan beberapa di antaranya menunjukkan tanda-tanda mutilasi dan penyiksaan yang merupakan kejahatan perang. Militer Israel menolak tuduhan tersebut dan menyebutnya “tidak berdasar”, dengan mengatakan bahwa jenazah-jenazah tersebut dikuburkan oleh warga Palestina selama pertempuran antara pasukan Israel dan Hamas di wilayah tersebut.

PBB, Amerika Serikat, dan Uni Eropa telah menyerukan penyelidikan independen untuk menentukan kebenaran dan memastikan akuntabilitas. Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan: “Semua bukti forensik harus disimpan dengan baik.”

Namun ketika Israel mengintensifkan serangannya terhadap kota Rafah di selatan, setelah menutup penyeberangan ke Mesir dan mencegah kemungkinan penempatan tim atau peralatan forensik ke Gaza, situs pemakaman digali dan bukti-bukti dikumpulkan secara sembarangan.

Para ahli mengatakan gangguan terhadap lokasi-lokasi yang mungkin menjadi bukti kejahatan perang akan membuat pencarian kebenaran menjadi lebih sulit – namun tidak semua harapan akan keadilan hilang.

7 Kebenaran yang Terungkap dari Kuburan Massal di Gaza

1. Jenazah di Kuburan Massal Tidak Bisa Dikenali

7 Kebenaran yang Terungkap dari Kuburan Massal di Gaza

Foto/AP

Tiga kuburan massal telah ditemukan di Kompleks Medis Nasser di Khan Younis, tiga di Rumah Sakit al-Shifa di Kota Gaza dan satu di Rumah Sakit Kamal Adwan di Beit Lahiya.

Mohammad Zaanin, anggota Pertahanan Sipil Palestina di Gaza, mengatakan kepada Al Jazeera pada hari Kamis bahwa kuburan keempat berisi 42 jenazah telah ditemukan di Rumah Sakit al-Shifa. Mayat-mayat tersebut membusuk dan tidak dapat dikenali, namun beberapa di antaranya memiliki tanda pengenal atau diidentifikasi oleh kerabatnya dari sisa-sisa pakaian.

Tim Pertahanan Sipil telah mendokumentasikan sisa-sisa jasad tersebut melalui foto dan video, bekerja dengan sedikit alat pelindung diri dan tanpa peralatan forensik. “Kami memiliki beberapa kantong jenazah dan sedikit peralatan untuk melindungi tangan dan hidung kami, namun kenyataannya, ini adalah upaya lokal, dan ini memberikan banyak tekanan pada tim kami,” kata Zaanin.

Thani Nimr Abdel Rahman, yang bekerja di Pusat Hak Asasi Manusia Al Mezan di kamp pengungsi Jabalia di Gaza dan telah mengunjungi lokasi pemakaman di Rumah Sakit al-Shifa, mengatakan dia menyaksikan tanah digali menggunakan buldoser.

Sebelum orang mati dikuburkan kembali di tempat baru, kerabat orang yang hilang mencari potongan pakaian di sekitar jenazah sebagai tanda orang yang mereka cintai.

2. Banyak JenazahTak Terurus

7 Kebenaran yang Terungkap dari Kuburan Massal di Gaza

Foto/AP

Kadang-kadang, mayat-mayat itu ditinggalkan tanpa pengawasan. “Anjing-anjing itu datang untuk melahap mayat-mayat itu, dan baunya sangat mematikan,” kata Abdel Rahman kepada Al Jazeera. “[Pekerjaan ini] membutuhkan lebih banyak kemampuan dan ahli forensik, yang tidak ada satupun yang tersedia di Gaza.”

3. Israel Melakukan Kejahatan Perang

7 Kebenaran yang Terungkap dari Kuburan Massal di Gaza

Foto/AP

Beberapa anggota Pertahanan Sipil mengklaim telah menemukan bukti adanya perlakuan buruk, termasuk penyiksaan, eksekusi di luar proses hukum dan pembunuhan di luar hukum terhadap warga non-pejuang yang dapat dianggap sebagai kejahatan perang.

Rami Dababesh, anggota tim Pertahanan Sipil yang ikut serta dalam pekerjaan penggalian di Rumah Sakit al-Shifa, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa timnya telah menemukan “mayat tanpa kepala”. Paramedis Adel al-Mashharawi mengatakan dia melihat mayat anak-anak dan wanita mengenakan pakaian rumah sakit.

Anggota Pertahanan Sipil Mohammed Mughier mengatakan setidaknya 10 mayat ditemukan dengan tangan terikat sementara yang lain masih terpasang selang medis. Dia menambahkan, pemeriksaan forensik tambahan diperlukan terhadap sekitar 20 jenazah orang yang mereka curigai telah “dikubur hidup-hidup”.


4. Warga Palestina Dieksekusi di Lapangan

7 Kebenaran yang Terungkap dari Kuburan Massal di Gaza

Foto/AP

Yamen Abu Sulaiman, kepala Pertahanan Sipil di Khan Younis, mengatakan beberapa mayat yang ditemukan di Kompleks Medis Nasser telah “ditumpuk” dan menunjukkan indikasi telah terjadi eksekusi di lapangan. Setidaknya 392 jenazah ditemukan di lokasi ini saja.

Investigasi kuburan massal biasanya merupakan proses yang sangat kompleks, panjang dan mahal, serta memerlukan keahlian dan sumber daya yang signifikan. Yang mendasari pendekatan ilmiah forensik adalah “tidak membahayakan” karena gangguan terhadap situs dapat mengurangi bukti.

“Reaksi pertama dari hampir semua orang adalah menggali jenazah karena itu adalah hal yang sangat emosional,” Stefan Schmitt, ilmuwan forensik di Florida International University yang telah menyelidiki kuburan massal dalam berbagai konflik, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Tetapi mayat-mayat lebih aman di bawah tanah ketika harus mengidentifikasi mereka dan menentukan apa yang terjadi. Khususnya dalam kasus ini, ketika kebenaran sangat penting dan semua pihak menyebarkan versi mereka sendiri mengenai peristiwa tersebut, sangatlah penting untuk dapat menentukan apa yang sebenarnya terjadi.”

Menggali jenazah, terutama menggunakan metode invasif seperti buldoser, menghapus petunjuk yang dapat membantu menentukan tanggung jawab dan bukti arkeologis yang dapat mengungkap kapan kuburan digali dan dengan alat apa, kata Schmitt.

Setiap penggalian juga menyebarkan bukti karena bagian tubuh yang membusuk tertinggal di lokasi pemakaman aslinya. Begitu jenazah dipindahkan dan dikuburkan kembali, informasi tentang dari mana asalnya bisa hilang.

Informasi yang tidak akurat juga dapat ditambahkan sebagai bagian dari proses dokumentasi. Schmitt mengatakan kesalahan identifikasi oleh kerabat yang berduka dan secara psikologis cenderung menginginkan penutupan sering terjadi dalam konteks perang. Klaim bahwa jenazah telah dipenggal atau dikubur hidup-hidup juga sulit dibuktikan tanpa dilakukan otopsi.

Bukti foto dan video saja mungkin tidak cukup untuk mengatasi kebingungan. Agar bukti visual dapat dianggap dapat diandalkan, rantai pengawasan harus dipastikan, kata Schmitt.

Proses dokumentasi harus memberikan gambaran yang jelas tentang proses penggalian baik secara spasial maupun waktu dengan gambar yang berisi informasi termasuk metadata dan geolokasi yang diambil secara berurutan. Pemotretan harus dibingkai untuk menampilkan landmark sebelum memperbesar detailnya. Informasi tersebut kemudian dikumpulkan secara metodis dalam spreadsheet, yang kemudian setiap entri dihubungkan ke data visual yang relevan.

“Saya telah diperlihatkan gambar-gambar yang berasal dari Gaza, tetapi saya tidak dapat melihat rantai tahanannya. Saya tidak tahu dari mana mereka berasal,” kata Schmitt, seraya menambahkan bahwa ini berarti dia tidak dapat memberikan pendapat ahli tentang apa yang mereka tunjukkan.

“Apa yang terjadi saat ini adalah penghancuran bukti. Saya tahu hal ini tidak disengaja, namun hal ini akan merugikan pihak-pihak yang tidak ingin kebenaran diungkapkan.”

5. PBB Turun Tangan

PBB telah menyerukan “penyelidikan yang jelas, transparan dan kredibel” terhadap kuburan massal di Gaza. Uni Eropa mendukung seruan tersebut, dengan mengatakan bahwa penemuan jenazah di rumah sakit “menimbulkan kesan bahwa mungkin telah terjadi pelanggaran hak asasi manusia internasional” sementara AS mengatakan pihaknya ingin masalah tersebut “diinvestigasi secara menyeluruh dan transparan”.

Tidak jelas organisasi mana yang akan mengindahkan seruan tersebut, atau siapa di masa depan yang mungkin mengambil tugas besar untuk melakukan penyelidikan.

Juru bicara hak asasi manusia PBB Jeremy Laurence mengatakan kepada Al Jazeera bahwa badan internasional tersebut tidak memberikan dukungan dalam pengumpulan bukti di lokasi pemakaman di Gaza “karena memerlukan keahlian khusus yang tidak ada di lapangan”.

6. Penyidik Asing dan Independen Bisa Jadi Solusi

7 Kebenaran yang Terungkap dari Kuburan Massal di Gaza

Foto/AP

Karena perbatasan Rafah dengan Mesir masih ditutup, prospek pengiriman penyelidik asing untuk menyelidiki tuduhan kejahatan perang nampaknya kecil.

Namun, tidak semua harapan akan keadilan hilang. “Apa yang Anda miliki, dibandingkan dengan apa yang tidak Anda miliki, bisa jadi sangat terbuka,” kata Geoffrey Nice, seorang pengacara Inggris yang memimpin penuntutan dalam persidangan politisi Serbia Slobodan Milosevic di Pengadilan Kriminal Internasional untuk Mantan Yugoslavia di Den Haag.

“Karena Anda belum mendapatkan semuanya bukan berarti Anda tidak mendapatkan cukup,” kata Nice kepada Al Jazeera tentang bukti ilmiah forensik.

Di bekas Yugoslavia, sisa-sisa jasad telah digali selama beberapa dekade, dan tes DNA memastikan identifikasi bahkan bertahun-tahun setelah kejadian tersebut. “Upaya identifikasi tidak pernah berakhir, dan terdapat banyak bukti. Jangan pernah khawatir tentang apa yang belum Anda miliki. Gunakan apa yang Anda punya,” tambah pengacara itu.

Bukti yang dikumpulkan di kuburan massal dapat menunjukkan pelanggaran tertentu atau digabungkan menjadi penyelidikan yang lebih luas mengenai kejahatan perang. Sebuah organisasi peradilan dan investigasi yang tidak memihak dapat dibentuk, namun hal ini akan memakan waktu puluhan tahun dan menghabiskan banyak uang, serta membutuhkan dukungan dari negara-negara kaya.

Menurut Nice, jika pengadilan untuk Gaza dibentuk, “tidak masuk akal jika ada anggota yang berpartisipasi dari negara mana pun yang mendukung Israel dengan senjata.”

“Konflik Israel-Gaza sangat sensitif. Badan pemberi dana, baik UE atau pihak lain, harus bersiap setelah mendanainya agar tidak terlibat lebih jauh lagi, kecuali saat ditanya,” imbuhnya.

7. ICC Harus Turun Tangan

Proses hukum juga sudah berlangsung di pengadilan tinggi. Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag mengawasi penyelidikan aktif atas kekejaman yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober dan tanggapan militer Israel. Kantor kejaksaan memiliki yurisdiksi di wilayah Palestina namun belum memberikan komentar publik mengenai penemuan kuburan massal.

Mahkamah Internasional (ICJ), sebuah pengadilan terpisah, sedang mempertimbangkan kasus yang diajukan oleh Afrika Selatan di mana Israel dituduh melakukan genosida di Gaza. Diperlukan waktu beberapa tahun untuk mencapai keputusan, dan dalam kurun waktu tersebut, pengadilan diperkirakan akan menyelidiki serangkaian dugaan pelanggaran.

Di antara langkah-langkah sementara yang dikeluarkan untuk mencegah kejahatan genosida, ICJ memerintahkan pihak berwenang Israel untuk “mengambil langkah-langkah efektif untuk mencegah kehancuran dan memastikan pelestarian bukti” terkait tuduhan tersebut. Mereka juga memerintahkan akses tanpa hambatan terhadap bantuan kemanusiaan, yang menurut organisasi kemanusiaan telah diblokir sejak serangan di Rafah dimulai.

“Jika kesimpulan umum dari pengadilan mana pun adalah bahwa apa yang terjadi di Gaza berada di luar batas peperangan, maka tidak sulit untuk melacak rantai komando kembali ke atas,” kata Nice.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)