alexametrics

Meksiko dan Bolivia Dukung Maduro Sebagai Presiden Venezuela

loading...
Meksiko dan Bolivia Dukung Maduro Sebagai Presiden Venezuela
Meksiko dan Bolovia memberikan dukungan kepada Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Foto/Istimewa
A+ A-
CARACAS - Meksiko dan Bolivia mengumumkan dukungannya untuk Presiden Venezuela Nicolas Maduro setelah Washington mengakui Presiden Majelis Nasional yang dikuasai oposisi Juan Guaido sebagai presiden sementara.

Presiden Bolivia Juan Evo Morales Ayma menyatakan solidaritasnya bersama rakyat Venezuela. Lewat Twitter ia mengatakan bahwa Venezuela tengah menghadapi serangan imperialis.

"Solidaritas kami dengan rakyat Venezuela dan @Nicolas Maduro, dalam jam-jam yang menentukan ini ketika cakar imperialisme sekali lagi mencoba menghadapi pukulan mematikan pada demokrasi dan penentuan nasib sendiri pada rakyat Amerika Selatan. Kami tidak akan menjadi pendukung AS lagi," tegas Morales seperti dikutip dari Anadolu, Kamis (24/1/2019).



Dukungan serupa juga datang dari Meksiko. Negeri Sombrero itu akan terus mengakui Maduro sebagai presiden seperti dikatakan oleh juru bicara kepresidenan Meksiko Jesus Ramirez Cuevas di stasiun TV Meksiko, Milenio.

Sebelumnya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan bahwa Washington mengakui pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai presiden sementara.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro pun mengecam keputusan itu dan mengatakan negaranya memutuskan hubungan diplomatik dengan AS. Ia juga memberikan waktu 72 jam bagi para diplomat AS untuk meninggalkan negara itu.

Namun lewat Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, AS menegaskan menolak keputusan Maduro dan akan mempertahankan hubungan diplomatik dengan Venezuela. Washington menilai Maduro bukanlah presiden Venezuela dan mendukung Juan Guaido.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak