Bocah 13 Tahun Diperkosa dan Dibunuh Picu Kemarahan Publik India

Selasa, 18 Agustus 2020 - 19:07 WIB
loading...
A A A
"Putri kami tidak aman, rumah kami tidak aman, ada suasana ketakutan di sekitar kami," cuit Azad pada hari Sabtu.

Berita tentang kematian gadis itu memicu kemarahan publik yang baru di India, yang telah bergulat dengan masalah kekerasan seksual terhadap perempuan yang meluas.

Menurut Biro Catatan Kejahatan Nasional India, lebih dari 33.000 kasus dugaan pemerkosaan dilaporkan dalam angka terbaru yang tersedia dari 2018 - kira-kira 91 kasus setiap hari. Tetapi para ahli mengatakan bahwa jumlah sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi, karena rasa malu yang melekat pada kekerasan seksual dan hambatan sosial yang dihadapi para korban.

"Pembunuhan kejam dan pemerkosaan seorang gadis di Lakhimpur Kheri adalah insiden yang mengguncang umat manusia," cuit Akhilesh Yadav, mantan menteri utama Uttar Pradesh dan anggota partai oposisi Samajwadi, Minggu.

Di India, kekerasan seksual di masa lalu dipandang oleh pihak berwenang lebih sebagai masalah sosial dan budaya daripada masalah penegakan hukum, menurut aktivis hak-hak perempuan, dengan undang-undang yang ada gagal melindungi perempuan.

Tidak seperti kasus pemerkosaan profil tinggi sebelumnya, pembunuhan gadis itu tidak menuai protes jalanan, sebagian karena wabah Covid-19 yang mengamuk di seluruh India dan telah menyebabkan lebih dari 2,6 juta kasus penyakit.(Baca: Kasus Infeksi Covid-19 di India Tembus Angka 2,5 Juta )

Anggota parlemen meloloskan serangkaian amandemen undang-undang pemerkosaan setelah pemerkosaan dan pembunuhan geng brutal terhadap seorang siswa berusia 23 tahun di bus New Delhi pada tahun 2012, sebuah kasus yang menjadi sorotan global tentang tingkat serangan seksual yang mengejutkan di India.

Undang-undang tambahan disahkan pada tahun 2018 menyusul pemerkosaan dan pembunuhan yang dipublikasikan besar-besaran terhadap seorang gadis berusia 8 tahun. Undang-undang yang diamandemen memperpanjang masa tahanan dan memberlakukan hukuman mati dalam kasus-kasus di mana korban berusia kurang dari 12 tahun.

Namun, banyak masalah yang terkait dengan krisis pemerkosaan di India terus berlanjut dan kasus pemerkosaan tingkat tinggi terus menjadi berita utama.

Tahun lalu, empat pria mengaku melakukan pemerkosaan dan pembunuhan geng terhadap seorang wanita berusia 27 tahun, yang mereka bakar. Keempatnya ditembak mati oleh polisi setelah diduga merampas senjata dari petugas dan menembaki mereka saat mengunjungi tempat kejadian untuk merekonstruksi kejahatan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)