Hambat Pekerjaan, Duterte Ingin Auditor Negara Diculik dan Disiksa

Kamis, 10 Januari 2019 - 08:21 WIB
Hambat Pekerjaan, Duterte Ingin Auditor Negara Diculik dan Disiksa
Hambat Pekerjaan, Duterte Ingin Auditor Negara Diculik dan Disiksa
A A A
MANILA - Presiden kontroversial asal Filipina yang terkenal dengan retorikanya yang pedas, Rodrigo Duterte, kembali mengeluarkan kata-kata kasar. Sasarannya kali ini adalah para auditor negara yang ia nilai menghambat pekerjaan pemerintahannya.

Menurut situs berita Filipina, Rappler, dalam sebuah pidato di Ibu Kota Manila Duterte mengutuk Komisi Audit, COA. Komisi Audit adalah sebuah badan independen yang bertugas memeriksa pengeluaran oleh badan-badan pemerintah.

"Bajingan-bajingan itu di COA. COA itu, setiap kali, selalu ada yang salah," katanya kepada orang banyak.

“Ada apa dengan COA ini? Bagaimana jika kita menculik seseorang dari COA, kita siksa mereka di sini?" sambungnya seperti dikutip dari Fox News, Kamis (10/1/2018).

Duterte secara rutin telah memicu kontroversi, termasuk baru-baru ini di mana dia tampaknya telah mengatakan hal berbau pelecehan seksual terhadap pembantu rumah tangganya ketika ia masih remaja.

Menurut Rappler, ini bukan kali pertama Duterte mencerca COA. Pada medio September lalu, presiden berusia 73 tahun itu sempat melontarkan candaan melempar auditor dari bangkunya.

"Siapa dari COA? Dorong dia menuruni tangga sehingga dia tidak akan bisa membuat laporan lagi," kata pemimpin Filipina saat itu.

Badan independen itu telah melaporkan berbagai kontroversi selama pemerintahan Duterte, termasuk dugaan salah urus dana.

Duterte telah melihat popularitasnya menurun seiring menikatnya kontroversi. Ia padahal sempat menikmati tingkat popularitas tertinggi hingga 79 persen tak lama setelah menjabat.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4485 seconds (0.1#10.140)