Otoritas Gabon Berhasil Gagalkan Upaya Kudeta

Senin, 07 Januari 2019 - 20:53 WIB
Otoritas Gabon Berhasil Gagalkan Upaya Kudeta
Otoritas Gabon Berhasil Gagalkan Upaya Kudeta
A A A
LIBREVILLE - Pemerintah Gabon mengatakan bahwa mereka telah berhasil menggagalkan upaya keduta di negara mereka. Pengumuman kudeta sempat disampaikan oleh sejumlah tentara yang menyabotase stasiun radio negara.

Juru bicara pemerintah Gabon, Guy-Bertran Mapangou dalam sebuah konferensi pers mengatakan, para tentara yang secara singkat mengambil alih radio nasional saat ini telah berhasil diamankan.

Mapangou, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (7/1), mengatakan, saat ini stuasi sudah kembali terkendali. Dia juga mengatakan Presiden Ali Bongo Ondimba telah pulih dari stroke setelah menjalani perawatan luar negeri.

Sementara itu, Komisi Uni Afrika (UA) melemparkan kecaman keras atas upaya kudeta ini. Ketua Komisi UA, Faki Mahama menegaskan, pihaknya tidak mengakui pergantian pemerintahan yang dilakukan secara paksa.

"UA mengutuk keras upaya kudeta pagi ini di Gabon. Saya menegaskan kembali penolakan total AU terhadap perubahan pemerintahan yang tidak konstitusional," kata Mahamam, melalui akun Twitternya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4905 seconds (0.1#10.140)