7 Fakta Genosida Rwanda yang Sudah Berlalu 30 Tahun

Kamis, 25 April 2024 - 18:40 WIB
loading...
A A A
Pemerintahan Hutu berkuasa setelah kemerdekaan pada tahun 1962. Namun, negara baru ini sejak awal menghadapi ancaman dari pengungsi Tutsi yang mengorganisir diri di pengasingan.

Salah satu kelompoknya, Front Patriotik Rwanda (RPF) yang berbasis di Uganda, bertujuan untuk merebut kekuasaan dan memulangkan pengungsi yang diasingkan dengan melancarkan serangan terhadap sasaran sipil dan militer di Rwanda. RPF didukung oleh pemerintahan Yoweri Museveni di Uganda dan dipimpin terutama oleh para komandan Tutsi, termasuk presiden Rwanda saat ini, Paul Kagame.

Pada akhir tahun 1990, perang saudara pecah antara RPF dan pemerintah Rwanda.

2. Bermotif Politik dan Balas Dendam

7 Fakta Genosida Rwanda yang Sudah Berlalu 30 Tahun

Foto/AP

Pemerintah Hutu menindak orang Tutsi selama perang, mengklaim mereka adalah kaki tangan RPF. Propaganda pemerintah menggambarkan mereka sebagai pengkhianat, sehingga menimbulkan kemarahan luas terhadap mereka.

Namun, setelah intervensi internasional, presiden Rwanda, Juvenal Habyarimana, menandatangani Perjanjian Arusha pada Agustus 1993 untuk mengakhiri perang, sehingga serangan RPF terhenti. PBB mengerahkan pasukan untuk memfasilitasi proses perdamaian di bawah Misi Bantuan PBB untuk Rwanda (UNAMIR).

Namun, beberapa orang Hutu, bahkan dari dalam pemerintahan, tidak menyukai tindakan tersebut, dan beberapa memulai kampanye “pemusnahan” dengan menyusun daftar target orang Tutsi.

Pada tanggal 6 April 1994, sebuah pesawat yang membawa Habyarimana dan Presiden Burundi Cyprien Ntaryamira ditembak jatuh di atas Kigali. Habyarimana, Ntaryamira dan banyak penumpang lainnya tewas.

Meskipun tidak pernah diketahui apakah RPF atau Hutu yang menembak jatuh pesawat tersebut, media lokal segera mengaitkan pembunuhan tersebut pada pemberontak dan meminta Hutu untuk “pergi bekerja”.

3. Dipicu Perebutan Kekuasaan

7 Fakta Genosida Rwanda yang Sudah Berlalu 30 Tahun

Foto/AP

Pembunuhan itu dilakukan secara metodis. Anggota pasukan keamanan pemerintah membunuh Perdana Menteri Agathe Uwilingiyimana, seorang Hutu moderat, dan 10 penjaga perdamaian Belgia yang ditugaskan untuk melindunginya di rumahnya pada tanggal 7 April, beberapa jam setelah siaran berita menyematkan kecelakaan pesawat di RPF.

Kemudian, pasukan pemerintah, bersama dengan kelompok milisi Hutu yang dikenal sebagai Interahamwe, nama yang berarti “mereka yang menyerang bersama”, memasang penghalang jalan dan barikade di Kigali dan mulai menyerang Tutsi dan Hutu moderat. Pembunuhan dengan cepat menyebar ke kota-kota lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)