Jerman Kerahkan 3.000 Tentara dalam Latihan Perang Dekat Perbatasan Rusia

Selasa, 23 April 2024 - 19:15 WIB
loading...
Jerman Kerahkan 3.000 Tentara dalam Latihan Perang Dekat Perbatasan Rusia
Kendaraan Angkatan Bersenjata Jerman (Bundeswehr) dan perlengkapannya dimuat di kapal di pelabuhan Emden. Foto/dpa
A A A
BERLIN - Lebih dari 3.000 personel militer Jerman mengambil bagian dalam latihan Grand Quadriga 2024 yang dimulai di Lituania pada Selasa (23/4/2024).

Manuver tersebut merupakan bagian dari rangkaian latihan NATO Steadfast Defender 24 yang lebih besar dan berlangsung selama berbulan-bulan yang dimulai pada akhir Januari.

Lituania berbatasan dengan eksklave Kaliningrad Rusia, serta sekutu terdekat Moskow, Belarusia.

Dalam perkembangan terpisah awal bulan ini, Berlin mengerahkan tim militer canggih ke negara Baltik tersebut sebagai bagian dari rencana brigade lapis baja berkekuatan penuh yang ditempatkan secara permanen di sana.

Moskow menggambarkan rencana tersebut sebagai ancaman yang memerlukan “tindakan khusus” sebagai tanggapannya.

Latihan Grand Quadriga 2024 dijadwalkan selesai pada akhir Mei, dan akan melibatkan 200 perangkat keras militer Jerman, termasuk tank Leopard serta kendaraan tempur infanteri Puma dan Boxer.

Dalam pernyataan Kamis lalu, militer Lituania menulis, “Latihan tersebut dipusatkan pada pemindahan dua divisi dari kawasan Eropa Tengah ke kawasan Timur.”

“Unit-unit Lithuania yang berlatih berdampingan dengan peserta Jerman akan merencanakan dan melaksanakan operasi,” papar dokumen itu.



Bundeswehr mengungkapkan divisi lapis bajanya akan diangkut dengan perahu, kereta api, dan jalan darat ke Lituania, di mana mereka akan “melatih pertahanan dan serangan balasan di wilayah sekutu.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)