Awalnya, Israel Akan Lancarkan Serangan Besar-besaran ke Iran, tapi...

Senin, 22 April 2024 - 17:30 WIB
loading...
Awalnya, Israel Akan Lancarkan Serangan Besar-besaran ke Iran, tapi...
Israel awalnya hendak melancarkan serangan besar-besaran. Tapi itu gagal. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Israel pada awalnya hendak melancarkan serangan balasan yang besar ke Iran. Itu termasuk serangan ke Teheran. Tapi, itu semua gagal. Israel hanya meluncurkan beberapa drone saja.

The New York Times menerbitkan laporan mengenai keputusan Israel untuk membalas Iran. Dengan mengutip tiga pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya, yang mengatakan bahwa rencana pembalasan awal mencakup serangan balasan yang lebih luas terhadap sasaran militer termasuk di dekat Teheran.

Seperti yang telah diberitakan secara luas, Israel menunda rencana tanggapan segera terhadap serangan langsung Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tanggal 13-14 April ketika menjadi jelas bahwa Israel telah menggagalkan sebagian besar rudal dan drone Iran dengan bantuan koalisi pimpinan AS.

Itu setelah panggilan telepon malam itu antara Presiden Joe Biden dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, dan pada akhirnya memilih respons yang tidak terlalu kuat di tengah tekanan diplomatik yang intensif untuk menghindari peningkatan permusuhan langsung.



Mengutip pejabat Israel dan Barat, The New York Times juga mengatakan jet tempur Israel menembakkan “sejumlah kecil rudal” dari beberapa ratus mil sebelah barat Iran, dan juga drone kecil, yang dikenal sebagai quadcopter, “untuk membingungkan pertahanan udara Iran.”

Sebuah rudal menghantam baterai antipesawat di wilayah penting yang strategis di Iran tengah, kata laporan itu – laporan sebelumnya mengindikasikan bahwa rudal tersebut adalah bagian dari pertahanan udara S-300 untuk fasilitas nuklir Natanz – sementara rudal lainnya meledak di udara.

Laporan tersebut mengutip seorang pejabat Israel yang mengatakan bahwa rudal kedua ini dihancurkan oleh Angkatan Udara “setelah jelas bahwa rudal pertama telah mencapai targetnya, untuk menghindari kerusakan yang terlalu besar.” Laporan tersebut juga mengutip seorang pejabat Barat yang mengatakan bahwa rudal kedua mungkin “tidak berfungsi”.

Laporan The New York Times juga mengklaim Israel pada awalnya menjadwalkan serangan pada Senin malam, 15 April, namun membatalkannya pada menit-menit terakhir karena khawatir Hizbullah mungkin “meningkatkan intensitas serangannya secara signifikan terhadap Israel utara.” Hal ini tidak menunjukkan apakah atau mengapa penilaian tersebut berubah sebelum pemogokan dilakukan pada Kamis-Jumat malam.

Israel belum secara resmi mengakui tanggung jawab atas serangan balasan tersebut, meskipun beberapa pemimpinnya telah menyatakan tanggung jawabnya, dan Iran meremehkan pentingnya respons tersebut dan tidak secara langsung menyalahkan Israel.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2102 seconds (0.1#10.140)