Viral! Langit Dubai Berubah Jadi Hijau usai Banjir Dahsyat, Ini Videonya

Jum'at, 19 April 2024 - 08:43 WIB
loading...
A A A
Laporan Fox News, mengutip Layanan Cuaca Nasional Amerika Serikat, mengaitkan perubahan warna langit tersebut karena difusi cahaya oleh atmosfer yang menerangi tetesan es di awan.

“Partikel air/es di awan badai dengan kedalaman dan kandungan air yang besar akan menyebarkan cahaya biru. Ketika cahaya kemerahan yang tersebar di atmosfer menyinari tetesan air/es berwarna biru di awan, maka tetesan tersebut akan tampak bersinar hijau.”

Laporan tersebut menambahkan bahwa tidak ada korelasi yang diketahui antara langit biru kehijauan dan produksi tornado.

Mendukung hal tersebut, sebuah laporan dari University Of Wisconsin–Madison mengutip Scott Bachmeier, seorang ahli meteorologi penelitian di Cooperative Institute for Meteorological Satellite Studies yang mengatakan, “Ketika benda berwarna biru disinari dengan lampu merah, kata Bachmeier, benda tersebut tampak hijau. Warna hijau memang penting, tetapi bukan bukti bahwa tornado akan segera terjadi.”

“Awan hijau hanya akan terjadi jika awan tersebut sangat dalam, yang umumnya hanya terjadi pada awan badai petir,” jelas Bachmeier, yang dilansir Jumat (19/4/2024).

“Itu adalah jenis badai yang dapat menghasilkan hujan es dan tornado.”

Mengingat kondisi cuaca, Dubai International (DXB) telah menyarankan para penumpang untuk tidak datang ke bandara dan menambahkan bahwa penerbangan terus ditunda dan dialihkan.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)