Surati Jokowi, Presiden China Ucapkan Selamat HUT ke-75 Kemerdekaan RI

Senin, 17 Agustus 2020 - 19:43 WIB
loading...
Surati Jokowi, Presiden China Ucapkan Selamat HUT ke-75 Kemerdekaan RI
Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8/2020). Pemimpin negara Tirai Bambu ini juga menyatakan kesediaan negaranya membantu Indonesia mengalahkan wabah virus corona baru (Covid-19).

Ucapan selamat dari Xi Jinping disampaikan melalui surat yang ditujukan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dalam suratnya, dia memuji hubungan kedua negara yang terpelihara baik.

Mengutip China Radio International (CRI) Online, pemimpin China tersebut mengatakan kedua negara mendorong pemulihan produksi dan pembangunan bersama Belt and Road (Sabuk dan Jalan), menjaga multilateralisme dan situasi umum penanggulangan wabah bersama global. (Baca: Kapal Induk AS Gelar Latihan di Laut China Selatan )

Presiden Xi menyatakan bahwa dirinya menaruh perhatian besar kepada hubungan China dan Indonesia, bersedia berupaya bersama dengan Presiden Joko Widodo untuk secepatnya mengalahkan wabah Covid-19, bersama-sama menciptakan situasi baru pada era baru di mana kedua negara berkembang bersama untuk mencapai kemenangan bersama, serta terus memajukan Kemitraan Strategis Komprehensif antara kedua negara.

Sebelumnya, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un juga mengucapkan selamat selamat HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Ucapan selamat tersebut ditujukan kepada Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia.

Dalam ucapannya, pemimpin muda Korut tersebut juga memuji kemajuan ekonomi dan budaya nasional Indonesia.

"Atas nama pemerintah dan rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea, saya menyampaikan ucapan selamat yang hangat kepada Anda dan kepada pemerintah serta rakyat negara Anda pada kesempatan peringatan 75 tahun kemerdekaan Indonesia," bunyi ucapan Kim Jong-un yang ditujukan untuk Jokowi, sebagaimana dikutip dari situs web Kementerian Urusan Luar Negeri Korea Utara. (Baca juga: Kim Jong-un Naik Mobil Mewah Sambangi Desa Dilanda Banjir )

"Setelah kemerdekaan, negara Anda telah membuat kemajuan besar dalam mengembangkan ekonomi dan budaya nasional serta membangun masyarakat yang sejahtera di bawah panji kedaulatan, kemerdekaan, dan non-blok yang diagungkan."

Kim Jong-un juga menekankan persahabatan kedua negara sebagai tradisi. "Kesempatan ini saya gunakan untuk mengutarakan keyakinan saya bahwa tradisi berharga tentang persahabatan dan kerjasama yang sangat baik antara kedua negara akan terus terkonsolidasi dan berkembang sesuai dengan tuntutan era baru," ujar Kim Jong-un.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)