Kim Jong-un hingga Raja Salman Ucapkan Selamat HUT ke-75 Kemeredekaan RI

Senin, 17 Agustus 2020 - 19:06 WIB
loading...
Kim Jong-un hingga Raja Salman Ucapkan Selamat HUT ke-75 Kemeredekaan RI
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un , pada Senin (17/8/2020), mengucapkan selamat selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Ucapan selamat tersebut ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rakyat Indonesia.

Dalam ucapannya, pemimpin muda Korut tersebut juga memuji kemajuan ekonomi dan budaya nasional Indonesia.

"Atas nama pemerintah dan rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea, saya menyampaikan ucapan selamat yang hangat kepada Anda dan kepada pemerintah serta rakyat negara Anda pada kesempatan peringatan 75 tahun kemerdekaan Indonesia," bunyi ucapan Kim Jong-un yang ditujukan untuk Jokowi, sebagaimana dikutip dari situs web Kementerian Urusan Luar Negeri Korea Utara. (Baca: Kim Jong-un Naik Mobil Mewah Sambangi Desa Dilanda Banjir )

"Setelah kemerdekaan, negara Anda telah membuat kemajuan besar dalam mengembangkan ekonomi dan budaya nasional serta membangun masyarakat yang sejahtera di bawah panji kedaulatan, kemerdekaan, dan non-blok yang diagungkan."

Kim Jong-un juga menekankan persahabatan kedua negara sebagai tradisi. "Kesempatan ini saya gunakan untuk mengutarakan keyakinan saya bahwa tradisi berharga tentang persahabatan dan kerjasama yang sangat baik antara kedua negara akan terus terkonsolidasi dan berkembang sesuai dengan tuntutan era baru," ujar Kim Jong-un .

Sementara itu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengucapkan selamat kepada Jokowi melalui Twitter. Dia menyatakan keyakinan bahwa kedua negara dapat memperdalam hubungan bilateral.

“Selamat kepada Jokowi dan rakyat Indonesia atas 75 tahun kemerdekaan. Sebagai teman dekat dan tetangga, kami berkomitmen untuk memperdalam kerjasama dan memajukan nilai-nilai bersama di wilayah kami, dalam 70 tahun hubungan diplomatik resmi kami," tulis Morrison. (Baca juga: Raja Salman Ucapkan Selamat Idul Adha setelah Keluar Rumah Sakit )

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Putra Mahkota Mohammad bin Salman juga ikut menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia. Kedua pemimpin tersebut, seperti dilansir Saudi Gazette mendoakan Jokowi agar hidup bahagia dan sehat.

Raja Salman dan putranya tersebut berharap Indonesia akan mencapai kemajuan ekonomi dan kesejahteraan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)