Mengenal Xi Mingze, Putri Cantik Presiden China yang Misterius

Sabtu, 13 Juni 2020 - 17:31 WIB
loading...
Mengenal Xi Mingze, Putri Cantik Presiden China yang Misterius
Xi Mingze, putri Presiden China Xi Jinping. Foto/news.com.au
A A A
BEIJING - Dia satu-satunya anak dari Presiden China Xi Jinping, salah satu pemimpin terkuat di dunia. Namun, tidak seperti Ivanka Trump (Putri Presiden AS Donald Trump) atau pun Malia dan Sasha Obama (putri mantan Presiden Barack Obama), hanya beberapa orang yang tahu namanya.

Beberapa orang mengenal putri tunggal Xi Jinping dengan nama Xi Mingze.

Selain beberapa detail biografi dasar, sangat sedikit yang diketahui tentang putri kesayangan Presiden China dan istri keduanya—penyanyi rakyat terkenal—Peng Liyuan. Minimnya informasi tentang putri orang nomor satu China itu wajar jika media menganggapnya sosok yang misterius.

Gadis 27 tahun ini lahir pada 27 Juni 1992. Dia belajar bahasa Prancis di sekolah menengahnya, Sekolah Bahasa Asing Hangzhou.

Menurut China Times, dia dijuluki "Xiao Muzi" oleh kakeknya—revolusioner Komunis dan mantan pejabat negara Xi Zhongxun."Dia menunjuknya sebagai sosok polos dan sopan yang berguna bagi masyarakat," tulis media China tersebut.

"Dia terkenal sebagai gadis yang sederhana dan suka bergaul, membaca dan fashion di antara hobinya," demikian profil singkat Xi Mingze tahun 2012 yang ditulis surat kabar Taiwan.

Pada 2008, setelah gempa bumi Sichuan yang dahsyat, Xi Mingze yang kala itu remaja berusia 16 tahun meminta cuti sekolah untuk menghabiskan satu minggu guna membantu korban bencana, termasuk merawat para korban yang selamat. Hal itu diungkap Ibunya kepada media setempat kala itu.

Ditanya apakah dia khawatir tentang keselamatan putrinya, Peng berkata; “Karena gempa bumi telah merenggut begitu banyak nyawa dan memicu bencana besar, putri saya harus pergi ke garis depan untuk membantu. Selama tujuh hari sebagai sukarelawan, dia bekerja keras dan tidak pernah mengeluh. Dia belajar banyak dan juga membuat banyak teman lokal. Dia mengatakan orang-orang di Sichuan ramah, kuat, dan baik hati."

Layaknya anak para pemimpin dunia, Xi juga dikelilingi para pengawal China 24 jam sehari. Privasi gadis itu juga dijaga ketat oleh ayahnya.

Sosoknya yang misterius mirip putri-putri Presiden Rusia Vladimir Putin yang sarat dengan rahasia. Sensor ketat internet oleh China juga membuat sosok Xi Mingze sulit dikenal oleh dunia luar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)