4 Risiko yang Dihadapi Israel jika Melakukan Serangan Balasan ke Iran

Kamis, 18 April 2024 - 15:56 WIB
loading...
A A A
Tampaknya bantuan juga datang dari kekuatan regional Arab Saudi, yang tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel. Peta yang dirilis Israel menunjukkan banyak rudal Iran terbang melalui wilayah udara Saudi.

Israel sangat berhati-hati untuk tidak mengidentifikasi mitra Arabnya, namun seorang pejabat angkatan udara Israel, yang berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas misi tersebut, mengatakan bahwa pesawat tempur Israel perlu terbang “timur Israel” untuk menembak jatuh rudal.

Baca Juga: Terikat dengan Perjanjian Rahasia dengan Zionis, Arab Saudi dan UEA Berikan Informasi Intelijen ke Israel sebelum Serangan Iran

2. Mengganggu Koalisi Israel dengan Arab Saudi, Yordania, dan Uni Emirat Arab

4 Risiko yang Dihadapi Israel jika Melakukan Serangan Balasan ke Iran

Foto/AP

Yoel Guzansky, peneliti senior di Institute for National Security Studies, sebuah wadah pemikir di Tel Aviv, mengatakan Israel akan mempertaruhkan niat baik ini jika bertindak sendiri.

“Israel dapat mengambil keuntungan dari hal ini dan membeli banyak kredit saat ini, jika mereka tidak melancarkan serangan balasan besar-besaran,” katanya. “Tetapi jika ia menyerang, banyak keuntungan yang hilang.”

Dukungan diam-diam dari negara-negara Arab tidak berarti mereka akan membantu Israel dalam melakukan serangan balik terhadap Iran. Setiap respons udara atau rudal selain rudal balistik – yang melintasi wilayah udara negara-negara tetangga dan bukan melewatinya – akan memerlukan penerbangan melintasi negara-negara sekitarnya, yang secara teknis mengharuskan Israel mendapatkan izin dari negara-negara tetangga Arab tersebut, kata Daniel Byman, peneliti senior di Center for Strategic and International yang berbasis di Washington. Studi.

“Dengan Arab Saudi dan Yordania, ada pertanyaan tentang rute dan akses,” dalam hal apakah mereka akan memberikan izin penerbangan kepada Israel.

“Dari sudut pandang Iran, hal itu akan dilihat sebagai tindakan permusuhan,” kata Byman. “Dan meskipun negara-negara ini tidak menyukai Iran, mereka tidak terlalu ingin terlihat berada di pihak Israel yang melakukan hal tersebut.”

3. Takut Menghadapi Perang Multi-front

4 Risiko yang Dihadapi Israel jika Melakukan Serangan Balasan ke Iran

Foto/AP

Serangan balasan besar-besaran di wilayah Iran berisiko memicu perang regional skala penuh, sehingga respons apa pun harus diperhitungkan dengan cermat.

Serangan langsung ke wilayah Iran hampir pasti akan mengakibatkan serangan balik yang brutal dan berisiko mendorong Hizbullah untuk melancarkan serangan lebih lanjut. Kelompok Lebanon yang didukung Iran memiliki persenjataan yang jauh lebih kuat daripada Hamas, namun sejauh ini menunjukkan keragu-raguan untuk terlibat dalam perang habis-habisan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)