Ribuan Warga Iran Rayakan Kemenangan setelah Menghancurkan Sistem Pertahanan Udara Israel

Minggu, 14 April 2024 - 18:40 WIB
loading...
A A A
Para pendukung serangan balasan juga berdemonstrasi di kota terbesar ketiga di Iran, Isfahan, tempat Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi, salah satu jenderal yang tewas dalam serangan di Damaskus, dimakamkan.

Para pengunjuk rasa juga berkumpul di dekat makam komandan Garda terkemuka Qasem Soleimani di kota selatan Kerman, yang terbunuh dalam serangan pesawat tak berawak AS pada tahun 2020 di Bagdad.

Teheran sebelumnya telah meminta Washington untuk tidak terlibat dalam konfliknya dengan Israel, tetapi harapan Iran pupus setelah seorang pejabat Pentagon mengkonfirmasi bahwa pasukan AS menembak jatuh pesawat tak berawak yang menuju Israel.



Iran berkeras bahwa mereka bertindak untuk “membela diri” setelah menargetkan misi diplomatiknya di Damaskus. Pihaknya berharap tindakannya tidak akan memicu eskalasi lebih lanjut dan “masalah ini dapat dianggap selesai.”

Perkembangan terakhir ini terjadi dengan latar belakang perang Gaza yang dimulai dengan serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel yang menewaskan 1.170 orang, sebagian besar warga sipil.

Teheran mendukung Hamas tetapi membantah terlibat langsung dalam serangannya terhadap Israel.

Serangan balasan Israel terhadap Hamas telah menewaskan sedikitnya 33.686 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan wilayah yang dikelola Hamas.

Iran tidak mengakui Israel, dan kedua negara telah melakukan perang bayangan selama bertahun-tahun.

Antisipasi konflik dengan Israel telah mencengkeram Iran sejak serangan terhadap konsulatnya pada 1 April.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)