Turki Batasi Ekspor 54 Produk ke Israel terkait Invasi Gaza

Selasa, 09 April 2024 - 17:30 WIB
loading...
A A A
Berbicara tentang kekalahan AKP dalam pemilu terburuk sejak tahun 2002, Erdogan mengatakan pada pekan lalu, “Sayangnya, bahkan dalam isu seperti krisis Gaza, di mana kita telah melakukan segala yang kita bisa dan membayar akibatnya, kita gagal menangkis serangan politik dan meyakinkan beberapa orang."

Sejak serangan Hamas pada 7 Oktober dan perang Israel berikutnya di Gaza, yang oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan disebut sebagai genosida, Turki secara bertahap meningkatkan kritiknya terhadap Tel Aviv.

Mereka menarik duta besarnya untuk konsultasi, menunda perundingan energi, dan mendukung Palestina di panggung internasional, mulai dari Majelis Umum PBB hingga negara-negara barat melalui Gaza Contact Group.

Ankara juga melontarkan gagasan sistem penjaminan untuk mencapai solusi dua negara.

Pada bulan-bulan awal konflik, ketika negara-negara barat mendukung perang Israel di Gaza, Erdogan menggunakan platformnya untuk mengungkap tindakan genosida yang dilakukan Israel.

Menurut data pemerintah Israel, Turki juga merupakan donor kemanusiaan terbesar ke Gaza, bersama dengan Uni Emirat Arab (UEA), sementara puluhan pasien Palestina telah melakukan perjalanan ke Turki dari Gaza untuk perawatan medis.

Namun mereka menghindari langkah-langkah yang lebih bersifat menghukum, dengan alasan langkah-langkah tersebut tidak berhasil di masa lalu ketika Ankara menghadapi krisis lain dengan Tel Aviv.

Meskipun perdagangan bilateral dengan Israel telah menurun sebesar 33% sejak 7 Oktober, namun hal tersebut masih terus berlanjut.

Tahun lalu, ketika anggota parlemen Turki dan kalangan pro-pemerintah memboikot perusahaan-perusahaan yang dituduh mendukung Israel, seorang jurnalis Turki mulai menyoroti perdagangan Turki-Israel.

Metin Cihan, yang tinggal di pengasingan di Jerman karena masa lalunya melaporkan pembunuhan seorang gadis Turki, menggali data sumber terbuka tentang perdagangan maritim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)