Laut Kembali Memanas, Houthi Pilih Serang Kapal-kapal Barat Tanpa Pandang Bulu

Minggu, 07 April 2024 - 21:50 WIB
loading...
Laut Kembali Memanas, Houthi Pilih Serang Kapal-kapal Barat Tanpa Pandang Bulu
Houthi kini menarget kapal-kapal Barat. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pasukan Houthi di Yaman mengatakan pada Minggu (7/4/2024) bahwa mereka telah meluncurkan roket dan drone ke kapal-kapal Inggris, AS, dan Israel, yang terbaru dalam kampanye serangan terhadap kapal-kapal untuk mendukung warga Palestina dalam perang Gaza.

Kelompok yang bersekutu dengan Iran mengatakan bahwa mereka telah menargetkan sebuah kapal Inggris dan sejumlah fregat AS di Laut Merah, sementara di Laut Arab dan Samudera Hindia mereka telah menyerang dua kapal Israel yang menuju pelabuhan Israel.

"Operasi tersebut terjadi selama 72 jam terakhir," kata juru bicara militer Houthi Yahya Saree dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi, dilansir Reuters. Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai serangan tersebut.

Sebelumnya, perusahaan keamanan Inggris Ambrey mengatakan telah menerima informasi yang menunjukkan bahwa sebuah kapal diserang pada hari Minggu di Teluk Aden sekitar 102 mil laut barat daya Mukalla di Yaman.

“Kapal-kapal di sekitar disarankan untuk berhati-hati dan melaporkan aktivitas mencurigakan apa pun,” kata perusahaan itu. Namun tidak disebutkan siapa yang bertanggung jawab atas serangan itu atau memberikan rincian lebih lanjut.



Secara terpisah, sebuah rudal mendarat di dekat sebuah kapal di Teluk Aden pada hari Minggu tetapi tidak ada kerusakan pada kapal atau cedera pada awak dalam insiden tersebut, 59 mil laut barat daya pelabuhan Aden di Yaman, Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO ) kata agensi.

“Nakhoda kapal melaporkan sebuah rudal menghantam perairan di dekat pelabuhan kapal,” kata UKMTO dalam catatan nasihatnya. “Tidak ada kerusakan pada kapal yang dilaporkan dan awak kapal dilaporkan selamat,” tambahnya.

Namun tidak disebutkan siapa yang menembakkan rudal tersebut atau memberikan rincian lebih lanjut. Belum jelas apakah serangan yang dilaporkan oleh badan-badan Inggris tersebut sama dengan insiden terbaru yang diklaim oleh Houthi.

Serangan Houthi telah mengganggu pelayaran global melalui Terusan Suez, memaksa perusahaan untuk mengubah rute ke perjalanan yang lebih lama dan lebih mahal di Afrika bagian selatan. Amerika Serikat dan Inggris telah melancarkan serangan terhadap sasaran Houthi di Yaman.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0895 seconds (0.1#10.140)