AS, Jepang, Australia, dan Filipina Gelar Latihan Perang di Laut China Selatan

Sabtu, 06 April 2024 - 16:44 WIB
loading...
A A A
Menteri Pertahanan Australia Richard Marles mengatakan “penghormatan terhadap kedaulatan nasional dan aturan serta norma yang disepakati berdasarkan hukum internasional mendukung stabilitas kawasan kita.” Menteri Pertahanan Gilberto Teodoro Jr. mengatakan latihan militer pada hari Minggu akan menjadi yang pertama dari serangkaian kegiatan untuk membangun “kapasitas pertahanan diri individu dan kolektif” Filipina.

Selain China dan Filipina, perselisihan yang sudah berlangsung lama di Laut Cina Selatan, yang merupakan jalur perdagangan utama global, juga melibatkan Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Taiwan. Namun bentrokan antara Beijing dan Manila telah berkobar sejak tahun lalu.

Washington tidak mengajukan klaim atas wilayah laut strategis tersebut, namun telah berulang kali memperingatkan bahwa mereka berkewajiban untuk mempertahankan sekutu lamanya, Filipina, jika pasukan, kapal, dan pesawat Filipina mengalami serangan bersenjata, termasuk di Laut China Selatan.

China telah memperingatkan AS untuk tidak ikut campur dalam perselisihan tersebut, yang telah memicu kekhawatiran akan eskalasi menjadi konflik besar yang dapat melibatkan kedua kekuatan dunia tersebut.

Jepang memiliki sengketa wilayah terpisah dengan Tiongkok mengenai pulau-pulau di Laut Cina Timur. Meningkatnya ketegangan di perairan yang disengketakan akan menjadi agenda utama ketika Presiden Joe Biden menjamu rekan-rekannya dari Jepang dan Filipina dalam pertemuan puncak di Gedung Putih minggu depan.

Dalam permusuhan terbaru bulan lalu, penjaga pantai China menggunakan meriam air yang melukai seorang laksamana Filipina dan empat personel angkatan lautnya serta merusak parah kapal pasokan kayu mereka di dekat Second Thomas Shoal. Ledakan meriam tersebut begitu kuat hingga membuat seorang awak kapal terlempar ke darat, namun awak kapal tersebut malah menabrak dinding dan bukannya terjun ke laut, kata para pejabat militer Filipina.

Pemerintah Filipina memanggil diplomat kedutaan besar China di Manila untuk menyampaikan “protes terkuatnya” terhadap China. Beijing menuduh kapal-kapal Filipina menyusup ke perairan teritorial Tiongkok, memperingatkan Manila untuk tidak “bermain api” dan mengatakan China akan terus mengambil tindakan untuk mempertahankan kedaulatannya.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)