Spanyol akan Mengakui Negara Palestina sebelum Juli

Sabtu, 06 April 2024 - 07:30 WIB
loading...
Spanyol akan Mengakui Negara Palestina sebelum Juli
Menteri Luar Negeri (Menlu) Spanyol Jose Manuel Albares. Foto/REUTERS
A A A
MADRID - Menteri Luar Negeri (Menlu) Spanyol Jose Manuel Albares pada Kamis (4/4/2024) menegaskan kembali komitmen negaranya untuk “mengakui negara Palestina sebelum Juli”.

Albares menegaskan niat Spanyol untuk mengakui Palestina sebagai negara berdaulat, sejalan dengan posisi yang dinyatakan sebelumnya oleh presiden, sebelum bulan Juli.

Dalam wawancara dengan radio milik negara RNE, Albares menekankan tekad kuat Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez untuk mencapai tujuan ini.

“Sanchez memiliki kemauan yang sangat kuat untuk itu. Kami sedang berbicara dengan mitra-mitra kami di Eropa, serta mitra-mitra Arab kami,” ujar Albares.

Dia menyoroti Spanyol terlibat dalam dialog aktif dengan aktor-aktor global untuk membangun negara Palestina yang “realistis dan layak”, yang sangat penting bagi perdamaian Timur Tengah.

Menteri luar negeri tersebut mengusulkan pembentukan otoritas nasional Palestina, yang akan fokus pada penyediaan “layanan dasar” dan memastikan “keberlanjutan teritorial”.

Albares menyarankan pihak berwenang menghubungkan koridor dan akses ke pelabuhan Gaza, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Mengekspresikan perlunya kemauan politik untuk menerapkan formula yang telah ditetapkan, Albares menekankan pentingnya komitmen.

Dalam pernyataan yang diposting di X pada Jumat, Albares menyampaikan dukungan teguh Spanyol terhadap gencatan senjata di Gaza, akses bantuan kemanusiaan tanpa hambatan, dan pengakuan terhadap negara Palestina, yang menggarisbawahi upaya Spanyol untuk perdamaian.

“Saya telah berbicara dengan Perdana Menteri Palestina dan Menteri Luar Negeri baru Mohammad Mustafa,” tulis dia.

“Saya telah menyampaikan kepadanya komitmen tegas Spanyol terhadap gencatan senjata di Gaza, masuknya bantuan kemanusiaan tanpa hambatan, dan pengakuan terhadap negara Palestina. Spanyol sedang mengupayakan perdamaian,” ujar dia.

Hubungan Strategis


Sanchez telah menjadi pengkritik keras serangan Israel di Gaza sejak awal konflik, dan dia menonjol di tengah Eropa yang berhati-hati dan terpecah.

Menyusul pembunuhan tujuh pekerja bantuan di World Central Kitchen, dia menggambarkan “penjelasan” Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai “sama sekali tidak dapat diterima dan tidak memadai”.

Dia menambahkan, “Spanyol sedang menunggu laporan lengkap dan rinci mengenai pembunuhan tersebut sebelum memutuskan tindakan apa yang akan kami ambil sehubungan dengan pemerintahan Perdana Menteri Netanyahu.”

Sanchez kini memimpin inisiatif untuk mendorong mitra-mitranya di Uni Eropa agar mengakui negara Palestina dan mengambil tindakan nyata atas perilaku perang Israel.

Dalam wawancara dengan Al-Jazeera pada Kamis, Sanchez mengatakan tindakan Israel di Gaza bahkan dapat menyebabkan Uni Eropa berdebat “apakah kita melanjutkan hubungan strategis ini atau tidak”.

Genosida Gaza


Saat ini diadili di Mahkamah Internasional atas tuduhan genosida terhadap warga Palestina, Israel telah melancarkan perang yang menghancurkan di Gaza.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, 33.091 warga Palestina telah terbunuh, dan 75.750 lainnya terluka dalam genosida Israel yang sedang berlangsung di Gaza mulai tanggal 7 Oktober.

Selain itu, 7.000 orang belum ditemukan, diperkirakan tewas di bawah reruntuhan rumah mereka di seluruh Jalur Gaza.

Organisasi-organisasi Palestina dan internasional mengatakan mayoritas dari mereka yang terbunuh dan terluka adalah perempuan dan anak-anak.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0760 seconds (0.1#10.140)