10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

Senin, 01 April 2024 - 14:45 WIB
loading...
10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia
Banyak negara mengantre menjadi sekutu Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia menjadi kekuatan yang menjadi daya tarik karena mampu bersaing dengan Amerika Serikat (AS) dan aliansinya. Tak mengherankan jika banyak negara juga mengantre untuk bersekutu dengan Rusia.

Banyak negara yang bersekutu dengan Rusia – beberapa di antaranya menawarkan dukungan penuh seperti , China Tiongkok dan India. Namun, sekutu Rusia juga ditunjukkan dengan menolak untuk mengutuk perang Rusia dan Ukraina serta berbagai konflik yang melibatkan Moskow.

10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

1. Belarusia

10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

Foto/Reuters

Melansir Kyiv Post, secara militer, Belarusia adalah sekutu terdekat Rusia, yang mengizinkan wilayah darat dan udaranya digunakan oleh pasukan Kremlin.

Meskipun sejauh ini menolak tekanan dari keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengirim pasukan ke Ukraina, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko tidak merasa ragu dengan ribuan rudal yang diluncurkan dari Belarusia ke kota-kota di Ukraina.

Lukashenko tidak punya banyak pilihan dalam masalah ini mengingat dia masih berkuasa karena Moskow membantunya memadamkan pemberontakan rakyat setelah pemilu yang diperebutkan pada tahun 2020.

2. Iran

10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

Foto/Reuters

Iran telah muncul sebagai salah satu dari sedikit sekutu Rusia yang tersisa, dengan Moskow semakin terisolasi karena invasi tahun 2022.

Pemerintah Iran mempunyai ketidakpercayaan yang sama dengan Kremlin terhadap apa pun yang bersifat Barat, dan selama percakapan telepon di awal invasi besar-besaran, Presiden Iran Ebrahim Raisi mengatakan kepada Putin: “Ekspansi NATO adalah ancaman serius terhadap stabilitas dan keamanan negara-negara merdeka di dunia. wilayah yang berbeda.”

Pada bulan Desember 2022, AS menguraikan hubungan yang luas dan berkembang antara Iran dan Rusia yang melibatkan peralatan seperti helikopter, jet tempur, dan drone kamikaze.

Drone-drone ini telah menyerang kota-kota di Ukraina hampir setiap minggu selama berbulan-bulan, dan dilaporkan bahwa drone-drone tersebut diselundupkan ke Rusia menggunakan kapal dan maskapai penerbangan negara Iran. Laporan mulai muncul pada Agustus 2023 bahwa Rusia mungkin memproduksi drone Iran di wilayahnya sendiri, dengan bantuan dari wilayah kantong Islam.

Hubungan ekonomi dan militer Iran dengan Rusia semakin meningkat dan ada juga kekhawatiran bahwa Iran akan memasok rudal balistik kepada Rusia, yang tidak dapat ditembak jatuh oleh pertahanan udara Ukraina saat ini.

3. Korea Utara

Mungkin tidak mengherankan, musuh lama tatanan internasional, Korea Utara, adalah pendukung setia Moskow dan sangat mengkritik AS serta menyalahkan AS atas invasi besar-besaran yang dilakukan Kremlin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)