Paus Fransiskus Pimpin Misa Paskah

Minggu, 31 Maret 2024 - 17:27 WIB
loading...
Paus Fransiskus Pimpin Misa Paskah
Paus Fransiskus memimpin misa Paskah. Foto/Reuters
A A A
ROMA - Paus Fransiskus memimpin Misa Paskah selama lebih dari 2 jam di Basilika Santo Petrus, salah satu kebaktian terpanjang dalam liturgi Katolik, pada Minggu (31/3/2024). Itu dilaksanakan di tengah kekhawatiran baru tentang kondisi lemah pria berusia 87 tahun itu.

Suaranya terkadang terdengar serak dan terengah-engah, namun dia membacakan semua teks yang telah disiapkannya, termasuk homili yang panjangnya lebih dari satu halaman, dan dia tersenyum dan melambai kepada jemaat saat dia pergi dengan kursi roda.

Pada kesempatan lain, Paus Fransiskus mendelegasikan pembacaan yang lebih panjang kepada para pembantunya.

Pada hari Jumat, Paus melewatkan menit-menit terakhir prosesi Via Crucis (Jalan Salib) malam hari di Colosseum Roma dalam apa yang dikatakan Vatikan sebagai upaya untuk “menjaga kesehatannya” menjelang acara Pekan Suci lainnya.

Langkah mengejutkan ini terjadi setelah berminggu-minggu Paus Fransiskus berulang kali membatasi pidatonya di depan umum dan membatalkan pertemuan ketika ia sedang berjuang melawan penyakit yang disebut sebagai pilek, bronkitis, dan flu.

Paus juga dibatasi mobilitasnya karena penyakit lutut, dan sering menggunakan kursi roda atau tongkat.

Paus Fransiskus tampak dalam kondisi yang lebih baik pada hari Kamis ketika ia melakukan upacara cuci kaki di penjara wanita, mengenang sikap kerendahan hati Yesus kepada para rasulnya pada Perjamuan Terakhir, dan pada kebaktian Jumat Agung di Gereja Santo Petrus.



Pekan Suci terdiri dari beberapa upacara khidmat menjelang Paskah pada hari Minggu, perayaan terpenting dalam kalender Kristen, merayakan hari di mana umat beriman percaya bahwa Yesus bangkit dari kematian.

Kebaktian Sabtu malam, yang diadakan di gereja terbesar Susunan Kristen, dimulai dalam keadaan hampir gelap gulita sebelum lampu dinyalakan, menandakan peralihan dari kegelapan menuju terang ketika Alkitab mengatakan bahwa Yesus bangkit dari kematian. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 6.000 orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0957 seconds (0.1#10.140)