Akankah Bencana Kelaparan di Gaza Mengakhiri Perang Israel dan Hamas?

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:35 WIB
loading...
A A A
Krieg menyarankan agar masyarakat internasional dapat menghentikan penjualan senjata, mengikuti langkah Kanada, yang meningkatkan isolasi Israel. Negara-negara Arab seperti UEA dapat mempengaruhi jalur perdagangan, sehingga meningkatkan tekanan terhadap Israel. Namun, karena Israel menganggap konflik ini sebagai sesuatu yang nyata, Israel mungkin tidak akan menyerah.

“Upaya gabungan ini bertujuan bukan untuk mengubah Israel tetapi untuk menciptakan kondisi agar Netanyahu digantikan oleh seseorang yang lebih moderat dan responsif terhadap tekanan eksternal,” ujarnya.

5. PM Netanyahu Menggunakan Kelaparan sebagai Senjata

Akankah Bencana Kelaparan di Gaza Mengakhiri Perang Israel dan Hamas?

Foto/AP

Pemerintah Israel, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, menggunakan kelaparan sebagai senjata untuk mencapai beberapa tujuan, menurut Jabari dan Asi, yang percaya bahwa hal ini berfungsi untuk memberikan tekanan pada Hamas, mempengaruhi penduduk agar menentang Hamas, dan memaksa warga Palestina untuk meninggalkan negaranya. Gaza.

“Tujuan Netanyahu bukan hanya memenangkan perang melawan Hamas. Dia ingin menghilangkan esensi persoalan Palestina yang merupakan perspektif negara Palestina,” kata Jabari.

Keengganan Israel untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza mencerminkan tidak hanya pemerintahan Netanyahu tetapi juga sentimen beberapa warga Israel. Sebuah survei yang dilakukan pada bulan Februari oleh Institut Demokrasi Israel menemukan bahwa 68% responden Yahudi-Israel menentang bantuan tersebut, sementara 85% warga Palestina-Israel mendukungnya.

Asi menjelaskan, kelaparan hanyalah tahap terbaru dari kebijakan pembatasan pangan yang dilakukan Israel di Gaza selama bertahun-tahun. Sebelum tanggal 7 Oktober, Gaza menghadapi kemiskinan yang tinggi dan kerawanan pangan akibat blokade Israel tahun 2007, yang membatasi impor, termasuk larangan sewenang-wenang terhadap barang-barang seperti stroberi dan coklat.

Laporan menunjukkan bahwa Israel membatasi asupan kalori untuk mencegah kelaparan dan semakin merusak kedaulatan pangan Gaza dengan menargetkan lahan pertanian, fasilitas produksi, dan infrastruktur sejak tahun 2008.

Blokade tersebut – lanjut Asi – telah menyebabkan meluasnya pengangguran, membatasi daya beli penduduk terhadap makanan bergizi, dan dengan Israel kini menargetkan lembaga-lembaga kemanusiaan seperti UNRWA, situasinya semakin memburuk, mencerminkan percepatan kebijakan yang telah lama berada di bawah kendali Israel sejak tahun 2007.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)