Akankah Resolusi Gencatan Senjata PBB Menghentikan Perang Israel di Gaza?

Rabu, 27 Maret 2024 - 19:40 WIB
loading...
A A A
Resolusi tersebut tidak menuntut gencatan senjata, namun mendukung “upaya diplomatik internasional untuk mewujudkan gencatan senjata yang segera dan berkelanjutan sebagai bagian dari kesepakatan yang membebaskan para sandera”.

Dalam keterangan pers pada hari Senin, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menambahkan bahwa AS ingin tuntutan gencatan senjata dikaitkan dengan pembebasan tawanan Israel.

Resolusi hari Jumat itu juga mendesak negara-negara anggota DK PBB untuk “menekan pendanaan terorisme, termasuk dengan membatasi pendanaan untuk Hamas”. Resolusi tersebut juga mengecam Hamas dan mencatat bahwa Hamas “telah ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh banyak negara anggota”. Pernyataan Blinken lebih lanjut mengatakan bahwa resolusi yang disahkan pada hari Senin gagal untuk mengutuk Hamas, yang merupakan bahasa utama yang dianggap penting oleh AS.

Israel mengkritik resolusi hari Senin karena tidak mengaitkan gencatan senjata dengan pembebasan tawanan – dan malah keduanya dilakukan secara terpisah.

6. Hubungan AS dan Israel akan Memanas

Akankah Resolusi Gencatan Senjata PBB Menghentikan Perang Israel di Gaza?

Foto/Reuters

AS abstain pada hari Senin setelah memveto tiga rancangan resolusi sebelumnya yang menyerukan gencatan senjata.

Ketegangan yang meningkat antara AS dan Israel terlihat pada hari Senin setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membatalkan perjalanan delegasinya ke Washington. Hal ini digambarkan sebagai sesuatu yang “mengejutkan dan disayangkan” oleh juru bicara Departemen Luar Negeri Miller.

Namun, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant berada di AS: Dia bertemu Blinken pada hari Senin dan dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada hari Selasa. Blinken meminta Gallant untuk menahan diri dari invasi darat ke kota Rafah di Gaza selatan.

Sementara AS menegaskan kembali bahwa kebijakannya tetap konsisten, pejabat resmi Perdana Menteri Israel X memposting pada Senin malam: “Amerika Serikat telah meninggalkan kebijakannya di PBB hari ini”.

Ia menambahkan serangkaian postingan: “Perdana Menteri Netanyahu telah menegaskan tadi malam bahwa jika AS menyimpang dari kebijakan prinsipnya dan tidak memveto resolusi berbahaya ini, ia akan membatalkan kunjungan delegasi Israel ke Amerika.”

Gaza berada di ambang kelaparan, dengan sedikitnya 32.000 warga Palestina terbunuh. “Resolusi ini harus dilaksanakan,” tulis Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada X.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)