Siapa Robert F Kennedy Jr? Capres Independen yang Jadi Perusak Sistem 2 Partai Besar di AS

Rabu, 27 Maret 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Tim kampanyenya mengatakan kepada The New York Times bahwa mereka memperkirakan langkah tersebut akan memangkas jumlah tanda tangan yang dibutuhkannya di seluruh 50 negara bagian sebanyak 330.000.

Bahkan jika ia berhasil lolos dalam pemungutan suara, para analis yakin peluangnya untuk sukses sangatlah kecil. Banyak yang mengutip kasus Ross Perot, orang kaya asal Texas yang menjadi polisi memimpin sebagai kandidat terdepan melawan Bill Clinton dan George HW Bush pada tahun 1992. Ia tidak memenuhi ekspektasi, hanya memperoleh seperlima suara populer dan gagal memenangkan satu pun suara elektoral. Seorang calon presiden membutuhkan 270 suara elektoral untuk menang.

Meski begitu, Kennedy bisa membuat perbedaan dalam pemilu tersebut. Rata-rata jajak pendapat yang dilacak oleh situs data pemilu AS RealClearPolitics menunjukkan bahwa meskipun Trump unggul 2 poin persentase dari Biden secara nasional dalam pemilihan dua kandidat, kesenjangan tersebut melebar menjadi lebih dari 4 poin jika Kennedy juga ikut dalam pencalonan.

Di negara-negara bagian yang menjadi medan pertempuran utama seperti Arizona, Georgia, Pennsylvania, dan Wisconsin, keunggulan Trump atas Biden akan meningkat jika Kennedy dan kandidat lainnya dipertimbangkan.

“Apakah menurutku dia akan menang? Sama sekali tidak. Apakah menurut saya dia mungkin mencuri sedikit suara? Ya. Tapi apakah dia benar-benar akan berdampak pada pemilu? Jika sejarah bisa dipercaya, jawabannya adalah tidak,” kata Smith.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)