Siapa Robert F Kennedy Jr? Capres Independen yang Jadi Perusak Sistem 2 Partai Besar di AS

Rabu, 27 Maret 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
“Tugasnya adalah menjembatani kesenjangan besar antara RFK Jr, seorang aktivis lingkungan yang sangat liberal dan progresif, dan seorang pejuang anti-vaksinasi,” kata Steffen Schmidt, profesor emeritus di Departemen Ilmu Politik di Iowa State University.

Soal imigrasi, RFK Jr menentang rencana Trump yang akan mendirikan tembok di perbatasan AS dengan Meksiko. Dia juga mengkritik cara Biden menangani krisis perbatasan. Dia berjanji untuk mengamankan perbatasan dengan penggunaan teknologi modern, seperti kamera dan detektor, untuk menghentikan masuknya imigran tidak berdokumen. Dia mendukung perluasan imigrasi legal ke AS.

5. Sulit untuk Mendapatkan Dukungan Publik

Siapa Robert F Kennedy Jr? Capres Independen yang Jadi Perusak Sistem 2 Partai Besar di AS

Foto/Reuters

Itu sulit diprediksi. Menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos baru-baru ini, enam dari 10 responden menyatakan ketidakpuasannya terhadap sistem dua partai dan menginginkan pilihan ketiga.

Baik Partai Demokrat maupun Republik melihatnya sebagai ancaman. Yang pertama sangat khawatir, karena takut bahwa iming-iming nama besarnya dapat menyedot suara Biden.

Menurut beberapa jajak pendapat yang dirilis pada bulan Februari dan Maret, 40 persen warga AS memiliki opini positif terhadap RFK Jr. Peringkat persetujuannya telah turun sejak Desember ketika Gallup menunjukkan 52 persen warga AS menyukainya – lebih banyak dibandingkan Trump atau Biden.

“RFK Jr menarik bagi orang-orang sayap kanan Partai Republik yang menyukai teori konspirasi, tetapi ia juga menarik bagi mereka yang sangat sayap kiri,” kata Melissa Smith, penulis buku tahun 2022, Third Parties, Outsiders, and Renegades: Modern Challenges dengan Sistem Dua Partai dalam Pemilihan Presiden. “Ini seperti kelompok paling kanan dan paling kiri yang bersatu dan bisa bersatu di sekitar kandidat seperti ini.”

Kennedy sering mengutip dukungan dari Gen Z, generasi yang lahir antara tahun 1997 dan 2012. Ide kebijakannya tampaknya tidak diarahkan pada suara generasi muda. Dia, misalnya, menyerukan larangan federal terhadap aborsi selama 15 minggu dan menyalahkan video game serta meningkatnya penggunaan antidepresan sebagai penyebab kekerasan bersenjata. Namun pernyataannya yang terus terang mengenai kesenjangan ekonomi sejalan dengan perjuangan generasi muda dengan upah rendah dan biaya perumahan yang tinggi.

6. Melawan Sistem 2 Partai

Siapa Robert F Kennedy Jr? Capres Independen yang Jadi Perusak Sistem 2 Partai Besar di AS

Foto/Reuters

Meskipun Partai Republik dan Demokrat secara otomatis ikut serta dalam pemilihan presiden, kandidat dari luar harus mengeluarkan jutaan dolar untuk mengumpulkan tanda tangan dari pemilih terdaftar dan menyewa pengacara untuk melawan tantangan hukum dari partai-partai mapan mengenai aturan akses pemungutan suara yang rumit dan berbeda-beda di setiap negara bagian.

“Sistem pemilu diciptakan oleh dua partai besar untuk mencegah kandidat dari pihak ketiga menang,” kata Schmidt.

Sejauh ini, Kennedy hanya lolos dalam pemungutan suara di satu negara bagian, Utah. Dia telah mengajukan dokumen untuk membentuk Partai We the People di California, Delaware, Hawaii, Mississippi dan North Carolina dan sedang mendirikan Partai Independen Texas di negara bagian Lone Star.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)