Bos Interpol Dilaporkan Hilang Saat Mudik ke China

Jum'at, 05 Oktober 2018 - 21:54 WIB
Bos Interpol Dilaporkan Hilang Saat Mudik ke China
Bos Interpol Dilaporkan Hilang Saat Mudik ke China
A A A
PARIS - Kepolisian Prancis dilaporkan mulai melakukan penyelidikan atas hilangnya kepala Interpol, Meng Hongwei. Meng diketahui hilang sejak akhir September saat dia hendak kembali ke China.

Salah seorang sumber di kepolisian Prancis menyatakan, Meng terakhir terlihat saat berangkat ke China dari markas Interpol di Lyon. Tidak lama kemudian, istri Meng melaporkan bahwa suaminya hilang.

"Dia tidak menghilang di Prancis," kata sumber itu yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (5/10). Dia kemudian menyatakan bahwa Meng telah terdaftar meninggalkan Prancis pada tanggal 29 September.

Sebelum terpilih sebagai kepala Interpol pada November 2016, Meng adalah Wakil Menteri Keamanan publik di China, yang menurut para kritikus memberinya kendali atas polisi rahasia. Dia adalah pemimpin Interpol pertama yang berasal dari China.

Beijing melihat pemilihan Meng sebagai peluang untuk meminta bantuan lebih kepada polisi internasional itu dalam melacak para pelaku kejahatan ekonomi, termasuk pejabat korup, yang menjadi target dalam kampanye anti-korupsi Presiden China, Xi Jinping.

Tapi operasi, yang dikenal sebagai Operasi Fox Hunt, telah menyebabkan klaim di beberapa negara bahwa agen penegak hukum China telah beroperasi diam-diam di tanah mereka tanpa persetujuan, baik dari Interpol atau dari otoritas setempat.

Sejak operasi itu dimulai beberapa pejabat tinggi China telah ditahan dan didakwa dengan kejahatan termasuk "pelanggaran disiplin berat", sebuah frasa yang biasanya mengacu pada korupsi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7173 seconds (0.1#10.140)