7 Keunikan Pemilu Parlemen India yang Terbesar dan Termahal di Dunia

Minggu, 17 Maret 2024 - 18:18 WIB
loading...
A A A
Di distrik Malkangiri di Odisha, tempat para pejuang Maois sayap kiri hadir, petugas pemungutan suara berjalan sejauh 15 km (9 mil) melalui hutan dan bukit untuk melindungi mesin pemungutan suara elektronik dari pemberontak setelah memberikan suara. Badan-badan intelijen telah memperingatkan mereka bahwa penggunaan mobil dapat menjadikan mereka sasaran yang lebih mudah.

“Dari segi jumlah, hal ini sangat besar dan rumit, namun dalam arti sederhana juga karena di setiap tingkat undang-undang sangat jelas mengenai tugas dan tanggung jawab masing-masing petugas pemungutan suara,'' kata Gopalaswmi. “Komplikasi muncul karena persaingan menjadi semakin ketat,'' katanya, seraya menambahkan bahwa penerapan model kode etik menjadi semakin menantang bagi KPU.

5. 2.660 Partai

7 Keunikan Pemilu Parlemen India yang Terbesar dan Termahal di Dunia

Foto/Reuters

Sebagai negara demokrasi multipartai, India memiliki sekitar 2.660 partai politik yang terdaftar. Partai-partai yang bersaing dalam pemilu masing-masing mendapatkan simbol – seperti teratai dari Partai Bharatiya Janata yang berkuasa, tangan dari partai oposisi di Kongres, dan lain-lain, mulai dari gajah hingga sepeda, dan sisir hingga anak panah. Hal ini bertujuan untuk membantu para pemilih dengan mudah mengidentifikasi kandidat, di negara yang hampir seperempat penduduknya tidak bisa membaca dan menulis.

Pada tahun 2019, tujuh partai nasional, 43 partai negara bagian, dan 623 partai politik yang tidak diakui berpartisipasi dalam pemilu. Partai-partai yang memiliki pengaruh signifikan dalam badan legislatif suatu negara bagian diakui sebagai partai negara. Mereka yang memiliki kehadiran signifikan di banyak negara bagian mendapatkan label partai nasional.

Pada tahun 2019, 36 partai mampu merebut satu atau lebih kursi di Lok Sabha. Secara keseluruhan, sekitar 8.054 kandidat, termasuk 3.461 kandidat independen, ikut serta dalam pemilu tersebut. Dari 543 kandidat yang menang, 397 berasal dari partai nasional, 136 dari partai negara, enam dari partai yang tidak diakui, dan empat dari independen.

Terdapat rekor 612 juta orang dari 912 juta pemilih yang memberikan suara mereka pada pemilu lalu, yang merupakan angka partisipasi pemilih tertinggi yang pernah ada, yakni sebesar 67,4 persen. Partisipasi perempuan juga meningkat menjadi 67,18 persen pada tahun 2019.

6. 303 Melawan 52

7 Keunikan Pemilu Parlemen India yang Terbesar dan Termahal di Dunia

Foto/Reuters

Protagonis utama dari pertarungan tahun 2024 adalah Perdana Menteri Modi dan BJP yang dipimpinnya, yang memimpin koalisi lebih dari tiga lusin partai; dan aliansi yang dipimpin oleh partai oposisi utama, Kongres, yang terdiri dari sekitar dua lusin partai.

Pada tahun 2019, BJP meraih kemenangan telak dengan 303 kursi. Koalisinya memiliki total 353 kursi. Partai Kongres yang menang memperoleh 52 kursi, dan 91 kursi bersama mitranya.

Saat ini, BJP berada di posisi terdepan menyusul kemenangan negara bagian baru-baru ini dan diperkirakan akan memenangkan mayoritas, menurut jajak pendapat. BJP sendiri menguasai 12 dari 28 negara bagian di India, sementara Kongres memerintah di tiga negara bagian.

Namun, sejarah politik India dipenuhi dengan contoh-contoh di mana partai-partai memenangkan pemilihan umum negara bagian namun kemudian kehilangan suara nasional setelahnya. BJP mengetahui hal ini lebih baik daripada kebanyakan orang: Pada tahun 2004, Perdana Menteri saat itu, Atal Bihari Vajpayee, mengadakan pemilu dini setelah memenangkan pemilu di negara bagian utama di Rajasthan, Madhya Pradesh dan Chhattisgarh sebelum kalah dalam pemilu Lok Sabha dari koalisi yang dipimpin Kongres.

7. 370 atau 404?

7 Keunikan Pemilu Parlemen India yang Terbesar dan Termahal di Dunia

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)