Kebakaran Hancurkan Kamp Pengungsi di Pulau Yunani

Minggu, 23 September 2018 - 07:40 WIB
Kebakaran Hancurkan Kamp Pengungsi di Pulau Yunani
Kebakaran Hancurkan Kamp Pengungsi di Pulau Yunani
A A A
ATHENA - Kebakaran berkecamuk di dekat sebuah kamp untuk pengungis dan migran di pulau Lesbos Yunani pada Sabtu (22/9/2018) kemarin. Ini adalah tantangan terbaru bagi kesehatan dan keselamatan ribuan orang yang hidup dalam kemelaratan di sana.

Diperkirakan 9.000 migran tinggal di kamp resmi, yang dikenal sebagai Moria, dan di permukiman darurat yang bermunculan di sekitarnya. Kebakaran terjadi sehari setelah pihak berwenang Yunani mulai merelokasi orang-orang dari pulau itu, jauh dari kondisi yang digambarkan oleh kelompok-kelompok bantuan karena terlalu padat, tidak bersih dan berbahaya.

Video yang diposting ke media sosial oleh orang-orang di Moria menunjukkan gumpalan asap besar yang muncul dari kejauhan. Di salah satu video, terdengar suara jeritan anak-anak ketika helikopter terbang di atas kepala mereka dengan air untuk memadamkan api seperti dikutip dari New York Times, Minggu (23/9/2018).

Tidak ada korban yang segera dilaporkan.

Kebijakan Migrasi Kementerian Yunani mengatakan, pihaknya merencanakan untuk memindahkan 2.000 pencari suaka di kamp pengungsi pada akhir bulan. Pasalnya banyak diantara mereka adalah orang tua, sakit, atau anak-anak.

Dari sana, para migran akan dikirim ke sebuah kamp dekat Thessaloniki di Yunani utara di mana mereka akan menetap sambil menunggu keputusan tentang klaim suaka mereka. 100 pencari suaka pertama telah dipindahkan pada hari Jumat.

Moria adalah salah satu dari beberapa kamp yang didirikan di tengah-tengah krisis migrasi 2015 lalu, di mana ratusan ribu migran melintasi Mediterania menuju Eropa. Pada saat itu, rute utama ke Eropa adalah dari Turki barat melintasi Aegea ke salah satu pulau Yunani di dekatnya.

Di bawah perjanjian 2016 antara Uni Eropa dan Turki, mereka yang tiba di pulau-pulau Yunani ditempatkan di kamp-kamp sementara mereka menunggu persetujuan permohonan suaka. Mereka yang klaimnya ditolak di deportasi ke Turki.

Tapi jaminan yang tertunda jauh melebihi sumber daya Moria dan kamp lainnya. Dan sementara perjanjian 2016 memperlambat arus orang-orang dari Turki ke Yunani, ratusan lainnya masih tiba di pulau-pulau Yunani setiap hari, menurut badan pengungsi PBB.

Lebih dari separuh dari semua pendatang baru ke Yunani selama delapan bulan pertama tahun 2018 pergi ke Lesbos, kata lembaga itu. Mayoritas berasal dari Suriah, Irak dan Afghanistan. Dalam dua minggu pertama bulan September saja, menurut Doctors Without Borders, lebih dari 1.500 orang tiba di Lesbos.

Doctors Without Borders, yang telah bekerja dengan para migran di pulau itu selama tiga tahun terakhir, mengatakan bahwa kondisi di kamp dan akses ke perawatan medis telah memburuk secara signifikan. Kondisinya tidak aman dan tidak sehat, kata kelompok itu, dan wabah penyakitnya tinggi.

Kelompok itu, yang juga dikenal dengan nama Prancisnya M.S.F., telah mendesak pemerintah Yunani untuk melakukan relokasi yang dimulai minggu ini.

“Ini tahun ketiga M.S.F. telah mendesak otoritas Yunani dan Uni Eropa (UE) untuk mengambil tanggung jawab atas kegagalan kolektif mereka dan untuk menempatkan solusi berkelanjutan untuk menghindari situasi bencana ini,” ujar Louise Roland-Gosselin, kepala misi Doctors Without Borders di Yunani, awal pekan ini.

Seorang dokter dari organisasi tersebut menggambarkan meningkatnya kasus-kasus menyakiti diri sendiri dan mencoba bunuh diri di antara para migran muda.

"Anak-anak ini berasal dari negara-negara yang sedang berperang, di mana mereka telah mengalami tingkat kekerasan dan trauma yang ekstrem," kata Declan Barry, koordinator medis di Yunani untuk Doctors Without Borders.

"Daripada menerima perawatan dan perlindungan di Eropa, mereka malah mengalami ketakutan, stres, dan episode kekerasan lebih lanjut yang berkelanjutan, termasuk kekerasan seksual," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3469 seconds (0.1#10.140)