Iran Kirim Armada Terbaru dalam Latihan Perang Anti-NATO di Samudera Hindia

Rabu, 13 Maret 2024 - 21:50 WIB
loading...
Iran Kirim Armada Terbaru dalam Latihan Perang Anti-NATO di Samudera Hindia
Iran mengirimkan kapal perang terbarunya ke latihan tempur bersama Rusia dan China. Foto/IRNA/Press TV
A A A
TEHERAN - Tiga kapal perang buatan dalam negeri, yang baru-baru ini bergabung ke armada angkatan laut Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran , ikut mengambil bagian dalam latihan angkatan laut gabungan di ujung utara Samudera Hindia. Itu menjadi manuver maritim besar-besaran bersama Rusia dan China

Komandan Pangkalan Imam Ali Angkatan Laut IRGC di Chabahar, Laksamana Muda Mohammad Nozari, mengatakan bahwa kapal perang Shahid Mahmoudi, Shahid Soleimani, dan Shahdi Abu Mahdi al-Muhandis, fregat Shahid Tavassoli kelas Tondar, serta helikopter maritim dan marinir IRGC berpartisipasi dalam latihan perang Sabuk Keamanan Maritim 2024.

Nozari mencatat bahwa kapal perang IRGC, yang dilengkapi dengan amunisi canggih yang diproduksi dalam negeri, dapat melakukan misi jarak jauh di lautan dan laut lepas, dan memastikan kehadiran angkatan laut dalam jangka panjang.

Angkatan Laut IRGC telah mengambil bagian dalam latihan angkatan laut dengan tiga kapal perang yang dikembangkan di dalam negeri dan dua fregat, mencatat bahwa latihan tersebut mencakup wilayah seluas 17 ribu kilometer persegi, dan area latihan mencakup tiga dari lima selat strategis dunia, yang terletak di India utara. "Kawasan lautan, yang merupakan pusat penting bagi lalu lintas energi dan perdagangan global," tambahnya.



Komandan senior Angkatan Laut IRGC menggambarkan konsolidasi keamanan di kawasan, promosi kerja sama multilateral di antara negara-negara peserta, dan demonstrasi para peserta untuk bersama-sama menjaga perdamaian global dan keamanan maritim sebagai salah satu tujuan utama latihan Maritime Security Belt 2024.

Dia lebih lanjut menyatakan bahwa latihan tersebut menampilkan berbagai manuver taktis seperti menyelamatkan kapal yang terbakar, membebaskan kapal dagang yang dibajak, menyerang sasaran yang ditentukan, melakukan operasi sasaran udara malam hari, dan latihan taktis dan operasional lainnya.

Sementara itu, Laksamana Muda Mostafa Tajeddini, juru bicara latihan perang gabungan, mengatakan pasukan angkatan laut Iran, Rusia dan China telah berhasil melakukan latihan foto (PHOTOEX), dan mempraktikkan pembentukan berbagai pola taktis.

Tajeddini menyoroti bahwa semua tahapan latihan angkatan laut dipantau oleh Angkatan Laut Republik Islam Iran dan helikopter IRGC.

Latihan angkatan laut Maritime Security Belt 2024 yang berlangsung selama dua hari dimulai pada hari Selasa. Unit angkatan laut dan udara Angkatan Laut Republik Islam Iran, bersama dengan rekan-rekan mereka dari China dan Rusia, berpartisipasi dalam latihan tersebut.

Delegasi angkatan laut dari Azerbaijan, Kazakhstan, Oman, Pakistan dan Afrika Selatan telah mengambil bagian dalam latihan tersebut sebagai pengamat.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)