Presiden Putin: Rusia Siap Hadapi Perang Nuklir

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:50 WIB
loading...
Presiden Putin: Rusia Siap Hadapi Perang Nuklir
Rusia siap menghadapi perang nuklir dengan Barat. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin mengancam Barat bahwa Rusia secara teknis siap menghadapi perang nuklir dan jika AS mengirim pasukan ke Ukraina. Itu menunjukkan eskalasi konflik yang signifikan.

Putin, yang berbicara hanya beberapa hari sebelum pemilu tanggal 15-17 Maret yang akan memberinya enam tahun lagi kekuasaan, mengatakan skenario perang nuklir tidak “terburu-buru” dan dia melihat tidak perlunya penggunaan senjata nuklir di Ukraina.

“Dari sudut pandang teknis militer, kami tentu saja siap,” kata Putin, 71 tahun, kepada televisi Rossiya-1 dan kantor berita RIA ketika ditanya apakah negaranya benar-benar siap menghadapi perang nuklir, dilansir Reuters.

Putin mengatakan AS memahami bahwa jika mereka mengerahkan pasukan Amerika di wilayah Rusia – atau ke Ukraina – Rusia akan menganggap tindakan tersebut sebagai intervensi.

“(Di AS) terdapat cukup banyak spesialis di bidang hubungan Rusia-Amerika dan di bidang pengendalian strategis,” kata Putin, pengambil keputusan utama di negara pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di dunia.

"Oleh karena itu, saya tidak berpikir bahwa segala sesuatu di sini sedang terburu-buru (konfrontasi nuklir), namun kami siap untuk itu."

Peringatan nuklir Putin datang bersamaan dengan tawaran lain untuk melakukan pembicaraan mengenai Ukraina sebagai bagian dari demarkasi baru keamanan Eropa pasca-Perang Dingin. AS mengatakan Putin belum siap untuk melakukan pembicaraan serius mengenai Ukraina.



Perang di Ukraina telah memicu krisis terdalam dalam hubungan Rusia dengan Barat sejak Krisis Rudal Kuba tahun 1962 dan Putin telah beberapa kali memperingatkan bahwa Barat berisiko memicu perang nuklir jika mengirim pasukan untuk berperang di Ukraina.

Putin mengirimkan puluhan ribu tentara ke Ukraina pada Februari 2022, memicu perang skala penuh setelah delapan tahun konflik di Ukraina timur antara pasukan Ukraina di satu pihak dan pihak Ukraina yang pro-Rusia serta proksi Rusia di pihak lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)