Pemuda Ethiopia Ucapkan Selamat HUT Kemerdekaan RI ke-75

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 20:00 WIB
loading...
Pemuda Ethiopia Ucapkan Selamat HUT Kemerdekaan RI ke-75
Al Busyra Basnur, Dubes RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika. FOTO/KBRI Addis Ababa
A A A
ADDIS ABABA - Kalewongel Tesfaye dan Mahlet Fekade dua tokoh pemuda Ethiopia mengucapkan selamat ulang tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka juga mendoakan semoga negara dan bangsa Indonesia jaya selalu. Hal itu dikatakan pemuda Afrika tersebut dalam pertemuan khusus dengan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika di Addis Ababa, Jumat (14/8).

Kalewongel, CEO Youth to Youth, yang juga founder Ethiopia-Indonesia Youth Association (EIYA) itu mengatakan ingin sekali kembali menghadiri upacara peringatan HUT RI bersama-sama pemuda Ethiopia lainnya seperti tahun lalu. Namun karena adanya pandemic Covid-19 dan protokol yang harus diikuti, mereka tidak bisa menghadiri upacara bendera di Gedung KBRI.

(Baca: 75 Tahun Kemerdekaan RI, Ketua DPR Ingin Produk Hukum Era Kolonial Diganti )

Kalewongel menghadiri Indonesia Africa Infrastructure Dialogue (IAID) di Bali, mengadakan pertemuan dengan tokoh pemuda Indonesia di Jakarta dan berkunjung ke Museum Asia Afrika (MKAA) di Bandung tahun 2019.

Hal itu dibenarkan oleh Duta Besar Al Busyra Basnur, bahwa tahun ini KBRI Addis Ababa tidak dapat mengundang pemuda dan sahabat Indonesia lainnya di Ethiopia untuk menghadiri upacara peringatan HUT RI. Padahal, banyak masyarakat Ethiopia yang ingin menyaksikan upacara bendera tersebut.

“Tahun 2019 lalu, sekitar seratus tokoh pemuda, pengusaha, dan sahabat Indonesia di Ethiopia dari berbagai kalangan menghadiri upacara bendera di KBRI. Namun, tahun ini kami tidak mengundang mereka karena situasi pandemik Covid-19,” kata Duta Besar Al Busyra Basnur.

(Baca: Presiden Jokowi Kukuhkan 8 Anggota Paskibraka 2020 )

“Upacara HUT RI tahun ini di KBRI Addis Ababa hanya diikuti oleh staf dan keluarga KBRI serta beberapa masyarakat Indonesia, yang tentu saja sesuai dengan protokol setempat” tambahnya.

Kehadiran tokoh pemuda Ethiopia pada upacara peringatan HUT RI tahun lalu, menambah semarak upacara HUT RI di Addis Ababa. Mereka bahkan memakai pakaian tradisional Ethiopia menyaksikan upacara tersebut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)