7 Negara Eropa yang Diramal Rusia Bakal Senasib dengan Ukraina

Jum'at, 08 Maret 2024 - 14:13 WIB
loading...
A A A
Georgia, yang secara geografis terletak di antara Rusia dan Turki, pernah diinvasi Moskow pada 2008 dan bukan tidak mungkin permusuhan lama akan memanas kembali di tengah ketegangan kawasan.

3. Estonia


4. Latvia

5. Lithuania


Ketiga negara Baltik ini adalah pecahan Uni Soviet. Mereka bermusuhan dengan Rusia setelah bergabung dengan NATO dan Uni Eropa pada tahun 2004.

Ketiga negara ini berada di dekat perbatasan Rusia dan memiliki populasi berbahasa Rusia yang signifikan. Tindakan diskriminasi terhadap warga berbahasa Rusia bisa memicu kemarahan Moskow seperti yang terjadi pada kasus perang Rusia-Ukraina.

6. Polandia


Polandia pada masa lalu merupakan sekutu Uni Soviet, di mana keduanya bersama beberapa negara komunis-sosialis Eropa mendirikan Pakta Warsawa pada 1955.

Pakta Warsawa adalah blok tandingan NATO. Namun Pakta Warsawa bubar tahun 1991 sesaat setelah runtuhnya Uni Soviet.

Setelah Soviet runtuh, Polandia berbalik arah dengan gabung NATO pada tahun 1999.

Kebijakannya pun ikut berubah, dari yang dulunya bersahabat dengan Soviet, sekarang berseteru dengan pewaris Soviet; Rusia.

Polandia juga kerap diancam Rusia karena aktif memberikan dukungan militer kepada Ukraina sejak perang Moskow-Kyiv pecah pada Februari 2022.


7. Rumania


Negara Eropa timur ini juga berpotensi senasib dengan Ukraina karena gencar membela Kyiv selama perang melawan Moskow berlangsung.

Rumania memiliki perbatasan panjang dengan Moldova dan Ukraina, yang setiap saat bisa terseret perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)