Apakah Netanyahu Perpanjang Perang Gaza untuk Mempertahankan Kekuasaan?

Kamis, 07 Maret 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Netanyahu mungkin juga ingin mengulur waktu untuk mendapatkan kesepakatan penyanderaan, yang “akan dianggap cukup sukses”, tambah Zonszein.

“Mungkin saja jika dia melakukan hal ini [perang di Gaza], dan berhasil meraih kemenangan, mungkin dia bisa menyelamatkan kariernya.”

5. Tidak Mampu Menenangkan Warga Israel

Apakah Netanyahu Perpanjang Perang Gaza untuk Mempertahankan Kekuasaan?

Foto/Reuters

Netanyahu sekarang berada dalam ikatan politik yang ketat dalam upaya mengakhiri perang di Gaza. Kesepakatan diplomatik yang bisa membebaskan sandera yang tersisa – yang perlu dilakukan Netanyahu untuk menenangkan masyarakat Israel – kemungkinan besar akan membuat Hamas setidaknya menguasai sebagian wilayah Gaza, yang tidak akan diterima oleh anggota koalisi sayap kanan Netanyahu.

Anggota koalisi sayap kanan Netanyahu, yang ia bawa ke dalam pemerintahannya untuk memenangkan pemilu pada tahun 2022, menentang perjanjian gencatan senjata apa pun yang akan membuat Hamas tetap berkuasa. Anggota koalisi ultranasionalis, Itamar Ben-Gvir, mengancam akan mundur dari pemerintahan karena adanya kesepakatan “sembrono” dengan Hamas.

Partai Zionisme Religius Ben-Gvir dan Bezalel Smotrich memiliki 14 kursi di Knesset, yang berarti jika Ben-Gvir dan anggota partainya meninggalkan koalisi Netanyahu, koalisi tersebut dapat dengan mudah menggulingkan mayoritas 64 anggota perdana menteri saat ini.

Zonszein mengatakan jika terjadi kesepakatan gencatan senjata yang tidak menguntungkan, anggota koalisi sayap kanan Netanyahu mungkin akan “meninggalkan dan melindungi basis politik mereka di masa depan”, yang akan mengarah pada pemilu.

Namun, Nimrod Goren, seorang analis politik dari Middle East Institute yang berbasis di Yerusalem, mengatakan kepada The New Arab bahwa politisi sayap kanan Israel kemungkinan besar tidak akan melakukan pemilihan umum lebih awal karena “mereka memegang posisi kekuasaan yang tidak akan bisa dicapai dan sangat sulit bagi mereka untuk mendapatkannya lagi”.

Dia mengatakan bahwa perdebatan yang kontroversial mengenai pengecualian militer bagi orang-orang Yahudi ultra-ortodoks Israel akan lebih mungkin untuk menggulingkan pemerintah. Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada tanggal 28 Februari menyerukan pengesahan undang-undang untuk merekrut orang-orang Yahudi ultra-Ortodoks, yang biasanya dibebaskan dari wajib militer.

Gallant mengatakan dia hanya akan mendukung undang-undang tersebut jika disetujui oleh menteri-menteri berhaluan tengah, seperti saingan politik utama Netanyahu, Benny Gantz.

Gantz kemungkinan besar tidak akan mendukung undang-undang tersebut, yang kemungkinan besar akan menyebabkan bentrokan dengan partai politik keagamaan Haredi yang diperlukan untuk kelangsungan koalisi Netanyahu. “Ini adalah kaitan bagi aktor politik untuk menciptakan krisis, yang dapat berujung pada pemilu dini,” kata Goren.

6. Koalisi Pemerintahan Netanyahu Tidak Solid

Apakah Netanyahu Perpanjang Perang Gaza untuk Mempertahankan Kekuasaan?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)