Apakah Netanyahu Perpanjang Perang Gaza untuk Mempertahankan Kekuasaan?

Kamis, 07 Maret 2024 - 17:17 WIB
loading...
Apakah Netanyahu Perpanjang Perang Gaza untuk Mempertahankan Kekuasaan?
PM Israel Benjamin Netanyahu ingin melanjutkan perang di Gaza karena ingin mempertahankan kekuasaan. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Sejak reputasi buruk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu hancur setelah kegagalan pertahanannya pada tanggal 7 Oktober 2023. Netanyahu berjuang untuk meningkatkan legasinya dan memastikan kelangsungan politiknya – berusaha dengan segala cara untuk mencegah pemilu dini yang akan menggulingkannya dari kekuasaan.

Apakah Netanyahu Perpanjang Perang Gaza untuk Mempertahankan Kekuasaan?

1. Netanyahu Bertanggung Jawab atas Perang di Gaza

Apakah Netanyahu Perpanjang Perang Gaza untuk Mempertahankan Kekuasaan?

Foto/Reuters

Dalam beberapa minggu terakhir, ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan, menyerukan Netanyahu untuk mundur dan agar pemilu diadakan sebelum tanggal resminya pada November 2026. Hanya 15% warga Israel yang ingin Netanyahu tetap menjabat setelah perang melawan Hamas di Gaza dan mayoritas (71%) menginginkan pemilu dini.

“Netanyahu ikut berperang dengan peringkat popularitas yang rendah,” kata Mairav Zonszein, analis senior Israel-Palestina di International Crisis Group, kepada The New Arab.

“Setelah 7 Oktober, dia kehilangan semua legitimasi dan banyak warga Israel yang menganggap dia bertanggung jawab atas apa yang terjadi,” kata Zonszein. “Orang-orang ingin Netanyahu keluar.”


2. Perang Menunda Perubahan Politik

Apakah Netanyahu Perpanjang Perang Gaza untuk Mempertahankan Kekuasaan?

Foto/Reuters

Jadi, Netanyahu mempertahankan setiap kesempatan terakhir agar ia bisa meraih kemenangan dalam perang – yang dapat membangkitkan kembali semangat masyarakatnya yang frustrasi – sambil berusaha melawan segala rintangan untuk mencegah pemilu.

“Singkatnya, semakin lama dia terlibat dalam perang, semakin lama dia bisa menunda perubahan politik dalam negeri,” kata Zonszein.

Netanyahu menghadapi tantangan dalam menyelenggarakan pemilu pada masa perang dan telah membuat pernyataan dramatis seperti: “Hamas dan Hizbullah ingin Israel mengadakan pemilu lebih awal, ini akan menjadi kemenangan bagi mereka”.

Namun, mayoritas warga Israel masih percaya bahwa pengambilan keputusan Netanyahu pada masa perang terutama dimotivasi oleh kepentingan politik, menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Israel Channel 13.

“Tujuan utama Netanyahu adalah untuk tetap berkuasa”, kata Zonszein, dan “dia telah menjadi pemimpin politik yang paling tangguh”. Secara total, perdana menteri telah menjabat selama lebih dari 16 tahun, yang merupakan perdana menteri terlama di Israel.

3. Ingin Berkuasa hingga Pemilu AS saat Trump Mungkin Menang

Apakah Netanyahu Perpanjang Perang Gaza untuk Mempertahankan Kekuasaan?

Foto/Reuters

“Netanyahu berusaha mendorong bola perang sebanyak yang dia bisa,” kata Khalil Shaheen, seorang analis politik dari Jaringan Kebijakan Palestina yang berbasis di Ramallah. Dia menambahkan bahwa Netanyahu mungkin ingin mempertahankan kekuasaannya sampai pemilu AS pada bulan November ketika Trump dapat kembali ke Gedung Putih dan lebih bersedia mendukung rencana garis kerasnya untuk melakukan aneksasi di Tepi Barat yang diduduki dan kendali militer Israel yang tidak terbatas atas Gaza.

“Dia ingin mempertahankan tingkat ketegangan di mana-mana,” kata Shaheen, di Tepi Barat, Gaza, dan di perbatasan utara Israel dengan Lebanon.

“Membiarkan seluruh masyarakat Israel terlibat dalam ketegangan dan perang adalah skenario terbaik bagi Netanyahu, sehingga dia dapat mengklaim bahwa ini bukan waktunya untuk mengadakan pemilu,” katanya.

4. Mengincar Tanah Penduduk Palestina di Tepi Barat

Apakah Netanyahu Perpanjang Perang Gaza untuk Mempertahankan Kekuasaan?

Foto/Reuters

Sejak tanggal 7 Oktober di Tepi Barat yang diduduki, terjadi “lonjakan yang mengejutkan” dalam penggunaan “kekuatan mematikan yang melanggar hukum” oleh pasukan Israel terhadap warga Palestina, menurut pengawas hak asasi manusia, Amnesty International.

Pasukan Israel telah membunuh sedikitnya 422 warga Palestina dan melukai 4.650 lainnya, menurut angka Kementerian Kesehatan.

Di wilayah utara, Netanyahu telah menegaskan bahwa Israel akan terus melakukan serangan terhadap Hizbullah sampai kelompok tersebut mundur dari perbatasan, terlepas dari apakah gencatan senjata masih berlaku di Gaza.

Para pejabat Lebanon yang dikutip oleh NBC News khawatir bahwa ketika pertempuran lintas-perbatasan berlarut-larut, perdana menteri Israel mungkin akan memicu pertempuran tersebut menjadi perang habis-habisan dalam upaya untuk mendapatkan kemenangan guna mempertahankan kelangsungan politiknya.

Di wilayah selatan, ancaman invasi Rafah dapat mencerminkan upaya Netanyahu untuk menghentikan perang.

Zonszein mengatakan bahwa memperpanjang perang akan memberi Netanyahu waktu untuk memastikan kelangsungan politiknya.

Kemudian, dia berspekulasi, dia bisa “berbicara basa-basi” terhadap kesepakatan normalisasi Saudi-AS dan menanamkan citranya sebagai pemimpin yang mencapai normalisasi dengan Riyadh – “yang akan menjadi kemenangan besar”.

Netanyahu mungkin juga ingin mengulur waktu untuk mendapatkan kesepakatan penyanderaan, yang “akan dianggap cukup sukses”, tambah Zonszein.

“Mungkin saja jika dia melakukan hal ini [perang di Gaza], dan berhasil meraih kemenangan, mungkin dia bisa menyelamatkan kariernya.”

5. Tidak Mampu Menenangkan Warga Israel

Apakah Netanyahu Perpanjang Perang Gaza untuk Mempertahankan Kekuasaan?

Foto/Reuters

Netanyahu sekarang berada dalam ikatan politik yang ketat dalam upaya mengakhiri perang di Gaza. Kesepakatan diplomatik yang bisa membebaskan sandera yang tersisa – yang perlu dilakukan Netanyahu untuk menenangkan masyarakat Israel – kemungkinan besar akan membuat Hamas setidaknya menguasai sebagian wilayah Gaza, yang tidak akan diterima oleh anggota koalisi sayap kanan Netanyahu.

Anggota koalisi sayap kanan Netanyahu, yang ia bawa ke dalam pemerintahannya untuk memenangkan pemilu pada tahun 2022, menentang perjanjian gencatan senjata apa pun yang akan membuat Hamas tetap berkuasa. Anggota koalisi ultranasionalis, Itamar Ben-Gvir, mengancam akan mundur dari pemerintahan karena adanya kesepakatan “sembrono” dengan Hamas.

Partai Zionisme Religius Ben-Gvir dan Bezalel Smotrich memiliki 14 kursi di Knesset, yang berarti jika Ben-Gvir dan anggota partainya meninggalkan koalisi Netanyahu, koalisi tersebut dapat dengan mudah menggulingkan mayoritas 64 anggota perdana menteri saat ini.

Zonszein mengatakan jika terjadi kesepakatan gencatan senjata yang tidak menguntungkan, anggota koalisi sayap kanan Netanyahu mungkin akan “meninggalkan dan melindungi basis politik mereka di masa depan”, yang akan mengarah pada pemilu.

Namun, Nimrod Goren, seorang analis politik dari Middle East Institute yang berbasis di Yerusalem, mengatakan kepada The New Arab bahwa politisi sayap kanan Israel kemungkinan besar tidak akan melakukan pemilihan umum lebih awal karena “mereka memegang posisi kekuasaan yang tidak akan bisa dicapai dan sangat sulit bagi mereka untuk mendapatkannya lagi”.

Dia mengatakan bahwa perdebatan yang kontroversial mengenai pengecualian militer bagi orang-orang Yahudi ultra-ortodoks Israel akan lebih mungkin untuk menggulingkan pemerintah. Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada tanggal 28 Februari menyerukan pengesahan undang-undang untuk merekrut orang-orang Yahudi ultra-Ortodoks, yang biasanya dibebaskan dari wajib militer.

Gallant mengatakan dia hanya akan mendukung undang-undang tersebut jika disetujui oleh menteri-menteri berhaluan tengah, seperti saingan politik utama Netanyahu, Benny Gantz.

Gantz kemungkinan besar tidak akan mendukung undang-undang tersebut, yang kemungkinan besar akan menyebabkan bentrokan dengan partai politik keagamaan Haredi yang diperlukan untuk kelangsungan koalisi Netanyahu. “Ini adalah kaitan bagi aktor politik untuk menciptakan krisis, yang dapat berujung pada pemilu dini,” kata Goren.

6. Koalisi Pemerintahan Netanyahu Tidak Solid

Apakah Netanyahu Perpanjang Perang Gaza untuk Mempertahankan Kekuasaan?

Foto/Reuters

"Sudah diperkirakan secara luas bahwa ketika perang usai, kabinet darurat perang Netanyahu akan bubar," kata Dahlia Scheindlin, seorang jajak pendapat dan analis politik Israel, kepada The New Arab. Hal ini akan membuat koalisi Netanyahu menjadi kurang stabil, yang menurut Scheindlin dapat “menyebabkan krisis yang pada akhirnya mengarah pada jatuhnya koalisi sebelum perang”.

Benny Gantz, dan Partai Persatuan Nasional yang berhaluan tengah-kanan bergabung dengan pemerintahan ultranasionalis dan religius Netanyahu sebagai bagian dari kabinet perang darurat. Sejak perang, popularitas Gantz melonjak; dia disebut-sebut oleh para pendukungnya sebagai perdana menteri berikutnya dan banyak anggota partainya mendesak dia untuk mundur dari kabinet perang Netanyahu.

Partai Persatuan Nasional pimpinan Gantz memperoleh 37 kursi, dibandingkan dengan Partai Likud pimpinan Netanyahu yang hanya memperoleh 18 kursi, menurut jajak pendapat pada bulan Februari.

Dalam sebuah tindakan nakal, Gantz tiba di Gedung Putih pada hari Senin untuk kunjungan dengan pejabat senior dari pemerintahan Biden – tanpa mengoordinasikan kunjungannya dengan Netanyahu. Kunjungan tersebut membuat marah Netanyahu, yang mengatakan bahwa Israel “hanya memiliki satu perdana menteri”.

Kunjungannya ke AS terjadi ketika Washington semakin frustrasi dengan sikap garis keras Netanyahu dalam perang tersebut. “Kunjungan ini sesuai dengan pola pembicaraan internasional yang putus asa mencari seseorang yang mereka anggap lebih rasional di pihak Israel,” kata Scheindin.

Dia juga mengatakan bahwa tampaknya Gantz “tidak keberatan mengesampingkan Netanyahu”, dan menambahkan bahwa menteri pertahanan “ingin Netanyahu dilihat oleh publik sebagai seseorang yang tidak lagi menjadi orang penting karena dia terlalu berbahaya dalam hal mengisolasi negara. ”.

Goren mengatakan meskipun pemilih Israel menjadi lebih hawkish dan bergerak lebih dekat ke sayap kanan, perilaku pemilu mereka masih berpihak pada “seseorang seperti Gantz”, yang tampak lebih masuk akal dan “memiliki pengalaman militer dan akses terhadap aktor internasional”.

Meskipun Goren menjelaskan bahwa Gantz kemungkinan besar tidak akan meninggalkan kabinet perang sampai pertempuran mereda, “Ketika ketegangan diremehkan atau ada kesepakatan, akan lebih mudah bagi Gantz dan partainya untuk meninggalkan koalisi [Netanyahu]”.

Dia menambahkan bahwa terutama dengan ancaman perang dengan Hizbullah yang masih membayangi, Gantz kemungkinan besar tidak akan segera pergi.

7. Pengganti Netanyahu Bisa Saja Lebih Buruk

Apakah Netanyahu Perpanjang Perang Gaza untuk Mempertahankan Kekuasaan?

Foto/Reuters

Bahkan jika Netanyahu digulingkan dari kekuasaannya, sebagian besar situasi di Palestina akan tetap sama. Jika Gantz mengambil Netanyahu , “mungkin ada lebih banyak kemauan untuk bekerja sama dengan AS dan hanya sekedar basa-basi terhadap gagasan semacam kerja sama dengan Palestina,” kata Zonszein, dari International Crisis Group (ICG). “Tetapi pada tingkat yang sangat dangkal,” tambahnya.

“Tentu saja tidak ada oposisi politik yang akan secara signifikan mengubah kebijakan mengenai Gaza atau krisis yang terjadi di Palestina secara keseluruhan.”

Shaheen, analis yang berbasis di Ramallah, mengatakan bahwa hampir semua pihak di Israel tidak mengakui negara Palestina.

“Satu-satunya hal yang diyakini sebagian besar partai politik Israel adalah bahwa warga Palestina harus meninggalkan seluruh wilayahnya, tidak hanya di Gaza, tetapi juga di Tepi Barat,” katanya.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)