Israel Sepakat dengan Proposal Gencatan Senjata Ramadan selama 40 Hari

Minggu, 03 Maret 2024 - 16:50 WIB
loading...
Israel Sepakat dengan Proposal Gencatan Senjata Ramadan selama 40 Hari
Israel sudah menyatakan sepakat dengan proposal gencatan senjata yang berlangsung selama bulan Ramadan. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Amerika Serikat mengatakan Israel telah mendukung kerangka usulan gencatan senjata di Gaza dan kesepakatan pembebasan tawanan, dan sekarang terserah pada kelompok Palestina Hamas untuk menyetujuinya. Itu menjadi gencatan senjata Ramadan yang berlangsung selama 40 hari.

Komentar pada Sabtu ini muncul beberapa jam sebelum para mediator diperkirakan akan berkumpul kembali di ibu kota Mesir, Kairo, untuk menemukan formula yang dapat diterima oleh Israel dan Hamas untuk gencatan senjata abadi di Gaza.

“Ada kesepakatan kerangka kerja. Israel kurang lebih telah menerimanya,” kata seorang pejabat senior AS di pemerintahan Presiden Joe Biden kepada wartawan melalui panggilan konferensi, dilansir Reuters.

“Saat ini, kendali ada di kubu Hamas,” kata pejabat itu, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Proposal kerangka kerja tersebut mencakup gencatan senjata selama enam minggu, serta pembebasan tawanan yang dianggap rentan oleh Hamas, termasuk orang yang sakit, terluka, orang lanjut usia dan wanita, kata pejabat AS.

Kesepakatan itu juga kemungkinan akan memungkinkan bantuan menjangkau ratusan ribu warga Palestina yang putus asa di Gaza utara, yang menurut para pejabat kemanusiaan berada di bawah ancaman kelaparan.

Israel sangat membatasi masuknya makanan, air, obat-obatan dan pasokan lainnya ke Jalur Gaza sejak perang dimulai pada 7 Oktober.

Mediator internasional telah bekerja selama berminggu-minggu untuk menengahi kesepakatan guna menghentikan pertempuran sebelum bulan suci Ramadhan dimulai sekitar 10 Maret.



Bernard Smith dari Al Jazeera, yang melaporkan dari Ramallah di Tepi Barat yang diduduki, mengatakan pengumuman AS “tampak seperti upaya untuk meningkatkan tekanan pada Hamas agar menyetujui persyaratan luas dari perjanjian gencatan senjata enam minggu ini”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)