Shehbaz Sharif Vs Omar Ayub Khan, Siapa yang Akan Menjadi PM Baru Pakistan?

Kamis, 29 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
A A A
“Jika kita membutuhkan stabilitas di negara ini dan demokrasi yang berkelanjutan, pidato pertamanya harus menunjukkan pendekatan perdamaian terhadap oposisi,” katanya kepada Al Jazeera.

“Jika dia tulus mengenai perekonomian, maka dia harus menunjukkan kemampuan untuk berbicara dengan oposisi. Kedua, seluruh pimpinan politik negara juga harus menemukan cara untuk duduk bersama, karena jika tidak, akan selalu ada kekosongan yang memungkinkan kekuatan yang tidak melalui pemilu mengambil keuntungan.”

2. Omar Ayub Khan

Shehbaz Sharif Vs Omar Ayub Khan, Siapa yang Akan Menjadi PM Baru Pakistan?

Foto/X

Omar Ayub Khan berasal dari keluarga politik dan pernah menjabat sebagai menteri federal di berbagai pemerintahan.

Kakek Omar, Ayub Khan, adalah diktator militer pertama Pakistan yang memerintah negara itu dengan besi terlebih dahulu selama lebih dari satu dekade dari tahun 1958 hingga 1969. Ayahnya Gohar Ayub Khan, yang juga bertugas di ketentaraan, bergabung dengan PMLN setelah pensiun dan menjadi ketua parlemen. Majelis Nasional pada tahun 1990.

Omar sendiri merupakan anggota PMLN sebelum bergabung dengan PTI pada tahun 2018.

Setelah PTI kehilangan kekuasaan pada tahun 2022, Omar bersama ratusan anggota partainya menghadapi tindakan keras negara. Serangkaian kasus diajukan terhadap dirinya dan pimpinan PTI lainnya, sehingga memaksanya bersembunyi.

Tindakan keras tersebut memaksa banyak pemimpin PTI untuk mundur dari partainya, namun Omar tetap bertahan dan segera diangkat menjadi sekretaris jenderal partai tersebut. Ketekunannya dalam menghadapi kesulitan, menurut beberapa komentator, menjadi alasan mengapa Omar dicalonkan sebagai calon perdana menteri dari bloknya.

Majid Nizami, analis lain yang berbasis di Lahore, mengatakan pencalonan Omar terjadi karena penolakannya terhadap “kemapanan” – sebuah eufemisme untuk militer.

“Dalam setengah abad sejarah politik keluarganya, Omar Ayub adalah orang pertama yang mengambil sikap anti kemapanan, padahal dia sendiri dan keluarganya dianggap sangat pro kemapanan di masa lalu,” kata Nizami kepada Al Jazeera .

Nizami menambahkan bahwa jika Omar gagal menjadi PM, ia masih bisa muncul sebagai pemimpin oposisi yang kuat dan mungkin memberikan tantangan berat bagi pemerintahan Shehbaz.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)