Shehbaz Sharif Vs Omar Ayub Khan, Siapa yang Akan Menjadi PM Baru Pakistan?

Kamis, 29 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
Shehbaz Sharif Vs Omar Ayub Khan, Siapa yang Akan Menjadi PM Baru Pakistan?
Shehbaz Sharif diprediksi akan memimpin pemerintahan baru Pakistan. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Siapa yang akan menjadi perdana menteri Pakistan berikutnya? Hal ini akan menjadi pertanyaan besar saat parlemen negara tersebut bersidang pada hari Kamis untuk pertama kalinya setelah pemilu nasional yang kontroversial pada tanggal 8 Februari, yang dirusak oleh tuduhan kecurangan dan manipulasi hasil dalam skala besar.

Pemilu yang menegangkan ini memberikan hasil yang berbeda, dengan kandidat independen yang didukung oleh partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Imran Khan yang dipenjara, memenangkan 93 kursi, diikuti oleh Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PMLN) yang dipimpin oleh PM Nawaz Sharif yang sudah tiga kali menjabat. mengamankan 75, dan Partai Rakyat Pakistan (PPP) 54.

PMLN dan PPP berkoalisi untuk membentuk pemerintahan, dan salah satu legislator yang didukung PTI juga bergabung dengan partai Sharif.

Menjelang pemungutan suara, PTI dicopot dari simbol pemilunya oleh Komisi Pemilihan Umum Pakistan karena melanggar undang-undang pemilu, sehingga memaksa kandidatnya untuk mencalonkan diri sebagai independen.

Pertemuan Majelis Nasional, majelis rendah parlemen Pakistan, diadakan pada hari terakhir dari periode tiga minggu di mana sidang dewan harus diadakan untuk memulai proses pembentukan pemerintahan.

Di Majelis Nasional yang beranggotakan 336 orang, 266 anggota dipilih langsung dan 70 dicalonkan – 60 kursi diperuntukkan bagi perempuan dan 10 kursi diperuntukkan bagi perwakilan agama minoritas. Pencalonannya didasarkan pada kinerja masing-masing partai politik dalam pemilu.

Sebuah partai politik atau aliansi membutuhkan 169 kursi di Majelis Nasional untuk mengambil alih kekuasaan.

Untuk mengamankan jatah kursi yang mereka miliki, 89 dari 92 anggota parlemen yang didukung PTI bergabung dengan Dewan Sunni Ittehad (SIC), sebuah partai keagamaan kecil. Namun ECP belum memutuskan setidaknya 10 kursi cadangan yang diklaim oleh SIC.

Sementara itu, aliansi PMLN-PPP telah menunjuk adik laki-laki Nawaz Sharif, Shehbaz Sharif, sebagai calon perdana menteri. Shehbaz menjabat sebagai perdana menteri selama 16 bulan setelah Khan kehilangan mosi percaya parlemen pada tahun 2022.

Didukung oleh empat partai kecil dan beberapa partai independen, aliansi ini mengklaim lebih dari 150 kursi di Majelis Nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)