Shehbaz Sharif Vs Omar Ayub Khan, Siapa yang Akan Menjadi PM Baru Pakistan?

Kamis, 29 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
A A A
Kelompok SIC di sisi lain telah memilih pemimpin PTI Omar Ayub Khan sebagai calon perdana menteri Pakistan ke-23.

Dalam 77 tahun sejarah republik berpenduduk mayoritas Muslim di mana militer mempunyai pengaruh politik yang sangat besar, tidak ada perdana menteri yang menyelesaikan masa jabatan lima tahun mereka.

Namun demikian, berikut ini adalah dua politisi yang bersaing untuk menjadi perdana menteri Pakistan berikutnya.

Shehbaz Sharif Vs Omar Ayub Khan, Siapa yang Akan Menjadi PM Baru Pakistan?

1. Shehbaz Sharif

Shehbaz Sharif Vs Omar Ayub Khan, Siapa yang Akan Menjadi PM Baru Pakistan?

Foto/Reuters

Mengingat jumlah tersebut, Shehbaz, 72, diperkirakan akan terpilih sebagai perdana menteri.

Ia mendapatkan reputasinya sebagai administrator yang efisien selama tiga masa jabatannya sebagai menteri utama Punjab, provinsi terpadat di negara itu yang kepemimpinannya sering dianggap sebagai batu loncatan menuju kekuasaan federal.

Melansir Al Jazeera, Shehbaz keluar dari bayang-bayang kakak laki-lakinya, Nawaz, pada tahun 2018 setelah PM yang menjabat tiga kali itu dihukum karena korupsi beberapa hari sebelum pemilu tahun 2018 dimenangkan oleh PTI yang dipimpin Khan. Shehbaz mengambil kepemimpinan PMLN di parlemen dan menjadi pemimpin oposisi.

Pada tahun 2022, Shehbaz, dibantu oleh sekutunya dan didukung oleh militer, diduga mengatur kejatuhan pemerintahan Khan untuk menggantikannya sebagai PM. Ironisnya, Khan sendiri disebut-sebut ditopang oleh militer pada pemilu 2018.

Masa jabatan Sharif yang singkat sebagai perdana menteri penuh gejolak ketika Pakistan terhuyung-huyung dari satu krisis ke krisis lainnya, termasuk banjir bersejarah pada tahun 2022. Dinyatakan “dalam proporsi yang alkitabiah”, banjir ini menenggelamkan hampir sepertiga wilayah negara itu, menewaskan hampir 1.800 orang dan membuat jutaan orang mengungsi. rumah mereka.

Kerugian yang diperkirakan mencapai $30 miliar akibat banjir memperburuk perekonomian Pakistan yang masih baru, dan membawanya ke ambang gagal bayar. Kehancuran ekonomi dapat dicegah setelah Sharif berhasil mendapatkan paket dana talangan sebesar $3 miliar dari Dana Moneter Internasional (IMF). Kesepakatan IMF akan berakhir bulan depan, dan para pengamat mengatakan tantangan terbesar Shehbaz – jika ia menjadi PM – adalah menstabilkan perekonomian.

Analis yang berbasis di Lahore, Salman Ghani, yang telah mengikuti PMLN selama beberapa dekade, mengatakan satu-satunya cara Shehbaz bisa sukses adalah dengan mengakhiri kepahitan politik dan memperluas dukungan kepada oposisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)