Standar Ganda Hillary Clinton Dikritik Pekerja Film, 'Kamu Penjahat Perang!'

Kamis, 29 Februari 2024 - 16:16 WIB
loading...
A A A
Gerakan Strike Germany menyerukan kepada para pekerja kebudayaan untuk melakukan pemogokan dan menekan lembaga-lembaga agar berkomitmen terhadap sejumlah tuntutan, yang paling utama di antaranya adalah perlindungan kebebasan artistik dan penerapan definisi anti-Semitisme yang berbeda dengan definisi yang saat ini digunakan di Jerman, yang mana gerakan tersebut menuduh menyamakan kritik terhadap negara Israel dengan anti-Semitisme.

Pada bulan Januari, sutradara dan seniman video Kanada John Greyson, sutradara keturunan India-Amerika Suneil Sanzgiri, dan Ayo Tsalithaba, seniman visual yang tinggal di Kanada dari Ghana dan Lesotho, menarik karya mereka dari bagian Forum Expanded Berlinale, semuanya dengan alasan solidaritas dengan Strike Germany.

Pada bulan yang sama, simposium tentang karya pembuat film kulit hitam Skip Norman yang diselenggarakan oleh Kantor Film Jerman di Goethe Institute di New York City dibatalkan setelah protes Strike Germany mengganggu acara tersebut.

Sekelompok anak muda menghadiri acara tersebut tidak lama setelah acara tersebut mulai meneriakkan dukungan mereka terhadap Palestina dan Gaza, kata direktur pelaksana German Films, Simone Baumann.

Mereka membagikan brosur yang memuat teks: “Apakah Skip Norman menyetujui apa yang terjadi di Jerman saat ini? Kami mengatakan tidak untuk mengkooptasi seni dan ideologi revolusioner, terutama ketika pemberi dana Anda membungkam solidaritas dengan Palestina.”

Setelah beberapa peserta gagal mencoba berdiskusi dengan para pengunjuk rasa, acara tersebut dibatalkan.

Seperti Goethe Institute, Film Jerman berupaya untuk independen, terbuka terhadap semua suara dan pihak, serta “menjadi tempat diskusi dan dialog,” kata Baumann, yang menolak anggapan bahwa organisasi kebudayaan Jerman hanya mempromosikan satu pandangan atau opini politik.

Baumann menyatakan pemahamannya atas keprihatinan para pembuat film, baik dari warga Palestina maupun pihak lainnya, yang melihat pekerjaan dan penghidupan mereka terancam.

“Kami memahami bahwa ada masalah,” katanya, seraya menambahkan bahwa meskipun Jerman secara umum mendukung Israel, terdapat ketidaksepakatan dengan banyak kebijakan Israel. “Ini tidak berarti bahwa tidak ada dialog, tidak ada kritik dan tidak ada pemahaman bagi para seniman Palestina.”

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)