Putri Nawaz Sharif Jadi Menteri Utama Punjab, Apakah Politik Dinasti Makin Mencengkeram Pakistan?

Selasa, 27 Februari 2024 - 15:45 WIB
loading...
Putri Nawaz Sharif Jadi Menteri Utama Punjab, Apakah Politik Dinasti Makin Mencengkeram Pakistan?
Maryam Nawaz, putri mantan perdana menteri Pakistan tiga kali Nawaz Sharif, terpilih pada Senin sebagai kepala provinsi terpadat di negara itu, Punjab. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Maryam Nawaz, putri mantan perdana menteri Pakistan tiga kali Nawaz Sharif, terpilih pada Senin sebagai kepala provinsi terpadat di negara itu, Punjab, dalam sebuah langkah yang menggarisbawahi semakin meluasnya cengkeraman politik keluarga di Pakistan.

Maryam, 50, pewaris politik ayahnya, adalah wanita pertama yang menjadi ketua menteri Punjab – sebuah jabatan yang telah lama menjadi batu loncatan untuk menjadi perdana menteri negara tersebut.

Dia memperoleh 220 suara dari 371 kursi di majelis provinsi, kata ketua majelis Punjab setelah dia mengumumkan hasil pemilu yang diboikot oleh partai oposisi Dewan Sunni Ittehad yang didukung oleh mantan perdana menteri Imran Khan yang dipenjara.

Khan dan sekutu-sekutunya menuduh pemilu nasional pada 8 Februari dicurangi terhadap mereka – sebuah tuduhan yang dibantah oleh komisi pemilu negara tersebut.

“Saya kecewa pihak oposisi tidak hadir di sini untuk menjadi bagian dari proses demokrasi ini,” kata Maryam dalam pidatonya di DPR setelah memenangkan pemilu, dan menambahkan bahwa pintunya terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan pihak oposisi.

Maryam adalah anggota keempat dari keluarganya yang menjadi menteri utama Punjab, yang menyumbang 53% dari 241 juta penduduk Pakistan dan 60 persen dari PDB Pakistan yang berjumlah $350 miliar. Ini juga merupakan provinsi asal keluarga Sharif.

Ayahnya, Nawaz Sharif, dan adik laki-lakinya, Shehbaz Sharif, juga pernah menjadi menteri utama Punjab. Putra Shehbaz memegang jabatan tersebut selama beberapa bulan pada tahun lalu.

Shehbaz kemungkinan akan terpilih sebagai perdana menteri Pakistan untuk kedua kalinya ketika parlemen bertemu akhir pekan ini.

Maryam Nawaz dikenal karena pidatonya yang berapi-api dan menarik banyak orang, namun belum pernah memegang jabatan publik terkemuka sebelumnya. Pemilihan umum tahun 2024 adalah pertama kalinya dia mengikuti pemilu, dan dia mewakili Liga Muslim Pakistan-Nawaz milik ayahnya.

Dia memasuki dunia politik arus utama setelah tahun 2017 ketika dia dan ayahnya dinyatakan bersalah karena menyembunyikan aset, dan mereka berdua menjalani hukuman penjara sebelum hukuman mereka dibatalkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)