Temukan Gas Besar-besaran, Arab Saudi Semakin Kaya

Senin, 26 Februari 2024 - 08:30 WIB
loading...
Temukan Gas Besar-besaran, Arab Saudi Semakin Kaya
Kerajaan Arab Saudi menemukan gas besar-besaran di ladang Jufurah milik Aramco. Temuan ini membuat kerajaan semakin kaya. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Kerajaan Arab Saudi mengumumkan penemuan gas besar-besaran pada hari Minggu di ladang Jufurah milik perusahaan minyak negara; Aramco.

Temuan ini membuat negara Islam ini semakin kaya.

Menteri Energi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan tambahan 15 triliun standar kaki kubik gas alam dan 2 miliar barel kondensat ditemukan di ladang darat.

“Pencapaian ini merupakan hasil penerapan standar internasional tertinggi dalam memperkirakan dan mengembangkan sumber daya hidrokarbon untuk memastikan eksploitasi yang tepat,” katanya dalam sebuah pernyataan yang dilansir Anadolu, Senin (26/2/2024).



Menurut Pangeran Abdulaziz, cadangan di Jufurah telah mencapai 229 triliun kaki kubik gas dan 75 miliar barel kondensat.

Ladang minyak Jufurah yang tidak konvensional terletak di tenggara ladang minyak Ghawar di Provinsi Timur kerajaan tersebut.

Sumber daya non-konvensional mengacu pada sumber daya yang memerlukan metode ekstraksi tingkat lanjut.

Lapangan tersebut meliputi area seluas 17.000 kilometer persegi.

Produksi gas alam di Jufurah diperkirakan meningkat menjadi 2 miliar standar kaki kubik per hari (scfd) gas serpih pada tahun 2030, dari 200 juta scfd pada tahun 2025, dengan 418 juta scfd etana dan sekitar 630.000 barel per hari gas cair dan kondensat.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)